Pertamina Siap Kembangkan Paket Baterai untuk Motor Listrik

Pertamina Siap Kembangkan Paket Baterai untuk Motor Listrik
Selasa, 27 Juni 2023 15:15
Nabiel Giebran El Ri

PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dan Pertamina Patra Niaga kabarnya akan coba mengembangkan paket baterai (Battery Pack) untuk motor listrik.

Kolaborasi dua anak usaha Pertamina bersama dengan produsen kendaraan listrik Electrum itu disepakati sebagai langkah untuk mendukung terbentuknya ekosistem kendaraan listrik yang makin baik.

"Indonesia punya potensi dan peluang yang besar untuk menjadi pemimpin di industri baterai untuk kendaraan listrik, kerja sama antar pihak ini tentunya akan semakin mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan listrik. Jika ekosistem kendaraan listrik sudah terbentuk dan solid, maka transisi energi akan lebih cepat terwujud," kata Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Pertamina NRE, Fadli Rahman dikutip dari ANTARA.

Kolaborasi ini diklaim merupakan lanjutan penandatanganan pokok-pokok kerja sama tentang ekosistem kendaraan listrik yang dilakukan antara Pertamina NRE dan Electrum di KTT G20 Bali tahun lalu.

Dengan kerja sama ini, ketiga pihak tersebut bakal melengkapi rantai pasok produksi baterai di Indonesia serta mendukung hilirisasi produk baterai sel.

   Baca Juga: Daftar Pilihan Produk dan Harga Motor Matic Suzuki per Juni 2023

Baterai yang Dipakai Motor Listrik Honda

Dengan terwujudnya ekosistem kendaraan listrik yang makin baik, kelengkapan fasilitas pendukung serta sarana prasarana lainnya yang telah terorganisasi, maka masyarakat akan makin dipermudah untuk beralih ke kendaraan listrik.

Di hilir, Pertamina punya kekuatan di jaringan distribusi ritel, salah satunya yaitu SPBU yang dikelola oleh Pertamina Patra Niaga dan sudah berjumlah lebih dari 5.000 titik di seluruh Indonesia. Saat ini, di sejumlah SPBU Pertamina sudah tersedia layanan penukaran baterai untuk motor listrik dan mereka akan memperluas layanan itu ke SPBU-SPBU lainnya.

Wakil Direktur Komunikasi Korporat Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengatakan Pertamina terus berkomitmen mempercepat penyediaan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia untuk mendorong transisi energi menuju energi bersih.

"Pertamina mendukung penuh program pemerintah terkait percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia sebagai upaya mencapai target NZE 2060," kata Fadjar.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.