Masih Pakai Kampas Kopling yang Aus di Motor? Ini Efek Negatifnya

Masih Pakai Kampas Kopling yang Aus di Motor? Ini Efek Negatifnya
Rabu, 28 Juni 2023 18:35
Nabiel Giebran El Ri

Pada motor bertransmisi manual dan semi otomatis seperti sport serta bebek, komponen kampas kopling biasanya harus dilakukan penggantian setiap interval pemakaian 24.000 km. Selain berdasarkan jarak tempuh, waktu penggantian kampas kopling bisa juga karena ada ciri-ciri seperti tarikan motor jadi loyo, sering terjadi selip serta persneling menjadi agak keras.

   Baca Juga: Jangan Terlewat! Minyak Rem Motor Wajib Diganti Tiap Kilometer Segini

Kalau motor Anda sudah menemukan gejala-gejala tersebut, lebih baik langsung segera dibawa ke bengkel guna dilakukan pengecekan dan penggantian. Karena, cukup berbahaya jika membiarkan kampas kopling aus.

“Kalau kampas kopling aus terus dipakai, efeknya bisa menjalar ke komponen lainnya,” buka Pras, mekanik Yamaha Harapan Motor Bojong Gede. 

Kampas Kopling

   Baca Juga: Layanan SIM di Jakarta Tutup 28-29 Juni 2023, Ada Dispensasi Khusus

Menurut Pras, komponen yang bakal termakan oleh kampas kopling aus antara lain rumah kopling dan juga plat kopling. "Selain bisa bikin komponen lain ikut rusak, kerja mesin jadi lebih berat. Hasilnya mesin jadi lebih cepat panas," pungkas Pras.

Nah, ada baiknya segera mengganti kampas kopling yang aus di motor Anda ya. Biar motor tetap asyik dan aman saat digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.