Bosan Mesin Bensin? ESDM Beri Konversi Motor Listrik Gratis

Jumat, 23 Agustus 2024 12:00
Gemilang Isromi Nuar

Program konversi motor listrik ini sebanyak 1.000 unit yang dibagi menjadi dua tahap. Sebelumnya program ini sendiri telah dimulai sebanyak 500 unit.

Bosan Mesin Bensin? ESDM Beri Konversi Motor Listrik Gratis Motor Konversi.

OTORIDER - Demi menjalankan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 79 Tahun 2023 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali meluncurkan program konversi sepeda motor berbahan bakar minyak (BBM) menjadi motor listrik secara gratis.

Program konversi motor listrik ini sebanyak 1.000 unit yang dibagi menjadi dua tahap. Sebelumnya, program hanya dibatasi bagi pemilik kendaraan bensin di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) dengan kuota 500 unit.

"Konversi sepeda motor konvensional menjadi sepeda motor listrik secara gratis, 1.000 unit bagi masyarakat Jabodetabek, dimulai,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana dikutip dari Antara, Kamis (22/8).

Ia menargetkan program konversi motor listrik tahap dua akan selesai dalam waktu dua pekan ke depan. Lebih lanjut yang menjadi spesial, biaya konversi motor tidak sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah. Dalam program ini, Kementerian ESDM bekerja sama dengan mitra dari berbagai sektor, termasuk pelaku usaha di bidang energi dan sumber daya mineral yang berperan sebagai sponsor.

“Dukungan dan komitmen semua telah memberikan kontribusi besar dalam misi pemerintah untuk menciptakan masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan,” papar Dadan.

Namun, adakah masyarakat yang tertarik dengan program ini? Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Eniya Listiani Dewi mengatakan bahwa hingga saat ini, sudah ada 788 pemohon konversi dengan 592 unit masih dalam tahap konversi dan 196 unit telah menerima bantuan.

"Mudah-mudahan ini menjadi satu pemicu kita untuk melakukan konversi, terutama ke plat-plat merah pemda (pemerintah daerah)," kata Eniya.

Bagi masyarakat Jabodetabek yang tertarik, pendaftaran dapat dilakukan melalui platform yang telah disediakan oleh Kementerian ESDM. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.