Motor Listrik Honda ICON e: dan CUV e: Sudah Tahan Air?

Senin, 21 Oktober 2024 17:50
Gemilang Isromi Nuar

Motor listrik tahan banjir menawarkan solusi transportasi yang praktis dan aman, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir.

Motor Listrik Honda ICON e: dan CUV e: Sudah Tahan Air? Honda ICON e:. (Foto: Otorider/Gemilang)

OTORIDER - Perkembangan teknologi kendaraan listrik semakin pesat. Salah satu inovasi terbaru adalah motor listrik yang dirancang khusus untuk tahan terhadap banjir. Fitur ini menjadi sangat dibutuhkan bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir atau sering menghadapi musim hujan ekstrem.

Baru-baru ini, salah satu pabrikan motor di Indonesia, Honda meluncurkan motor listrik terbarunya yakni ICON e: dan CUV e:. Namun, apakah motor ini dilengkapi dengan teknologi tahan air? Project Leader motor listrik Honda R&D China, Makoto Mitsukawa menjelaskan Honda ICON e: dan CUV e: mampu melaju dengan aman di tengah genangan air.

"Baterai motor listrik ini sudah memenuhi sertifikasi IP67, sehingga bisa melaju di atas genangan air," kata Makoto.

Aluminium dipilih sebagai bahan pelindung baterai motor listrik yang memiliki kemampuan menghantarkan panas yang baik. Ini sangat penting untuk menjaga suhu baterai tetap stabil. "Selain itu, baterainya sudah dilindungi dengan casing dari bahan aluminium, sehingga aman dan tahan panas," papar Makoto.

Lebih lanjut, meskipun motor listrik yang didesain tahan terhadap genangan air, pada dasarnya tidak disarankan untuk menerjang banjir. Karena terdapat risiko besar. "Kami tidak menganjurkan untuk menerobos banjir," ujar Technical Service Division (TSD) PT Astra Honda Motor (AHM), Sarwono Edhie.

Lalu, jika terpaksa harus menerjang banjir, seperti apa batas aman bagi motor listrik? Menurut Edhi, rekomendasi ketinggian genangan air yang bisa dilewati motor listrik maksimal setengah roda, lebih dari itu ada risiko lebih berat. "Maksimal yang boleh dilewati genangan adalah 30 cm atau kira-kira setengah ban," papar Edhie.

Jadi, layaknya motor konvesional, jika terdapat genangan air atau banjir sebaiknya hindari saja. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Ikuti Channel kami pada tombol dibawah ini.
WhatsApp Channel
Telegram Channel
Google News
Bagikan  

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.