Tips Berkendara Motor Listrik, Beda dengan Mesin Bensin?

Tips Berkendara Motor Listrik, Beda dengan Mesin Bensin? Motor Listrik Honda EM1 e:.
Rabu, 28 Februari 2024 20:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Keselamatan berkendara bukanlah sekadar tentang teknologi, tetapi juga kesadaran dari pengendaranya. Saat ini, berkat teknologi, sudah tersedia produk motor listrik guna menunjang aktivitas harian.

Namun, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan ketika mengendarai motor listrik agar tetap aman. Untuk itu, PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan pelatihan berkendara aman khusus untuk pengguna sepeda motor listrik.

Berikut tips mengendarai motor listrik agar aman:

1. Pelajari Kapasitas dan Fitur Baterai Motor Listrik

Sebelum memulai perjalanan, pastikan baterai telah terisi penuh untuk mendukung aktivitas berkendara. Sebagai contoh, motor listrik Honda EM1 e: dilengkapi fitur Power Limitation. Fitur ini secara otomatis mengelola output tenaga saat sepeda motor berada di kondisi suhu yang ekstrem, membantu memperpanjang usia komponen elektrik, dan menghindarkan motor mati karena masalah suhu.

2. Pelajari Karakter dan Fitur Keselamatan pada Sepeda Motor Listrik

Pahami karakter dan fitur-fitur keselamatan pada sepeda motor listrik untuk memastikan pengendara selalu merasa aman saat berkendara. “Perlu diketahui, tarikan motor listrik berbeda dengan motor pada umumnya akan mengagetkan. Agar lebih halus, konsumen dapat mengkombinasikan penggunaan rem belakang,” ujar Instruktur Safety Riding AHM, Hendrik Ferianto di Jakarta, Rabu (28/2).

Hendrik
Instruktur Safety Riding AHM, Hendrik Ferianto saat menjelaskan keselamatan berkendara.

3. Tentukan Rute Perjalanan

Pastikan rute berkendara konsumen sesuai dengan daya jelajah sepeda motor listrik. Ketahui jarak tempuh yang dapat ditempuh dengan satu kali pengisian baterai guna menghindari kehabisan daya di tengah jalan. Gunakan GPS atau navigasi digital untuk mengetahui kondisi kepadatan jalanan dan rute alternatif menuju tujuan. Dengan memastikan rute sebelum berkendara, pengendara dapat lebih tenang dan fokus di jalan raya.

4. Gunakan Perlengkapan Keselamatan Berkendara

Pastikan selalu mengenakan helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu pelindung untuk menjaga keselamatan konsumen jika terjadi situasi darurat. Pemilihan perlengkapan berkendara juga perlu disesuaikan dengan ukuran, kenyamanan, dan standar keselamatan yang berlaku. Sehingga, dapat melindungi pengendara di jalan raya. Disarankan menggunakan perlengkapan berkendara dengan warna yang cerah agar dapat meningkatkan visibilitas dari pengendara sekitar, mengingat sepeda motor listrik minim suara.

5. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Selalu awasi kendaraan di sekitar dan manfaatkan kaca spion dengan bijak, karena umumnya sepeda motor listrik minim suara dan getaran. Karakter yang berbeda ini perlu diantisipasi pengendara untuk selalu menjaga jarak yang tepat dengan pengendara lain.

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan pelatihan berkendara dengan sepeda motor listrik merupakan bagian dari komitmen AHM menemani masyarakat Indonesia dalam beraktivitas menggunakan sepeda motor listrik yang aman dan menyenangkan.

"Sepeda motor listrik memiliki karakter yang berbeda, sehingga kami ingin memberikan solusi berkendara yang berkelanjutan, melalui Safety Riding Center Honda yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Hal itu mendukung peningkatan budaya berkendara secara aman," kata Muhib di Jakarta, Rabu (28/2). (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.