Greget WSBK Misano, Tahun Ini Hanya Satu Seri di Italia

Greget WSBK Misano, Tahun Ini Hanya Satu Seri di Italia
Kamis, 18 Juni 2015 14:25
Danu P Dirgantoro

Pada musim 2015 ini, hanya ada satu seri WSBK yang dihajat di Negara Italia.Tak seperti tahun 2014 di mana ada dua seri yang di gelar di sirkuit Monza dan Misano, kini seri Monza dihapus dari kalender WSBK 2015. Partisipasi sirkuit Misano pertama kali dalam rangkaian WSBK yaitu pada tahun 1991, yang musim itu menjadi dominasi pembalap Doug Polen. Pada saat itu Polen yang menunggangi Ducati berhasil mencatatkan kecepatan rata-rata 157.726 km/jam, saat itu ia berhasil memenangi race 1 dan 2. Saat itu sirkuit Misano belum dilakukan modifikasi dan perubahan arah yang dilakukan pada tahun 2007.


Kesuksesan Polen sapu bersih pada tahun 1991 bukan lah satu-satunya double podium puncak. Sirkuit ini menjadi saksi tak kurang dari 15 double podium puncak dari 22 balap yang digelar. Yang paling teringat adalah: Max Biaggi di tahun 2010 dan 2012, Charlos Checa pada 2011, dan Tom Sykes di tahun 2014. Misano juga sempat tidak kebagian jatah tuan rumah WSBK pada tahun 2013, yang pada saat itu dua seri Italia dihajat di Imola dan Monza.


Kenangan bersejarah lainya di Misano adalah pada 1995. Pada saat itu Troy Corser finish di urutan ketiga yang menandai koleksi 16 podium dirinya di sirkuit Misano. Kemudian ada lagi saat dimana Carl Fogarty menggenapkan koleksi 15 kali finish di tiga besar. Rekor Fogarty tersebut kemudian dikalahkan oleh Troy Corser di Misano pada tahun 2000.

 

Pada Race 2 di tahun 2009, Jonathan Rea yang pada saat itu sebagai pendatang baru berhasil menggegerkan para fans WSBK dengan raihan podium 1. Usaha Rea saat itu bukanlah mudah, karea tahun tersebut adalah tahun gemilangnya Ben Spies. Spies yang menunggangi Yamaha berhasil 14 kali podium pertama dan Ducati menjadi juara pabrikan berkat ketangguhann pembalapnya; Noriyuki Haga dan  Michael Fabrizio. Pada race tersebut Rea finish di depan Fabrizio hanya dengan beda 63.000 sekon. Kemudian disusul Haga dengan selisih setengah derik, balap yang sangat ketat dan tentunya memorable. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.