Rider Suzuki Indonesia, Sukses Naik Podium di SAC 2016

Rider Suzuki Indonesia, Sukses Naik Podium di SAC 2016
Selasa, 5 April 2016 10:35
Ilham Pratama

Buah kerja keras pembalap muda bernyali Tim Suzuki Indonesia terbayar dengan hasil balap Suzuki Asian Challenge (SAC) 2016 seri 1 yang sangat positif. Podium race 1 dan 2 seri pembuka di Johor Circuit, Malaysia (1- 2/4) berhasil didominasi oleh pembalap Indonesia, sehingga bendera Merah Putih berkibar di panggung juara Asia.  Jefri Tosema dan Rizal Feriyadi.
 
Potensi meraih podium sudah terdeteksi sejak awal hasil sesi kualifikasi, (1/4) dimana ketiga pembalap Indonesia sanggup menempati posisi start 4 besar. Dimulai dari Jefri Tosema yang mampu menempati pole position, diikuti oleh Rizal Feriyadi di posisi 3 dan M. Sapril di posisi 4.

Bagian yang menarik adalah cepatnya Jefri Tosema beradaptasi dengan sirkuit dan motor balap Suzuki F150 sehingga mampu memangkas catatan waktu lebih cepat hampir satu detik dari sesi  latihan, yaitu menjadi 1:59,352. Kemahirannya memacu Suzuki F150 cukup menakjubkan para peserta lainnya, pasalnya baru kali pertama Jefri Tosema balap di Johor Circuit.
 
Semangat pembalap Indonesia semakin tinggi ketika mulai memasuki sesi race 1 (2/4). Baik Jefri, Rizal dan Sapril tidak mau menyianyiakan peluang emas untuk menguasai barisan terdepan. Kepiawaian mereka terbukti sejak bendera start dikibarkan langsung memacu motornya dan melesat memimpin barisan terdepan.

Sejak awal hingga akhir balapan, Jefri terus menerus fokus pada racing line yang tepat sehingga tidak ada celah bagi lawan mengambil posisinya di depan, dan akhirnya Jefri sanggup menyelesaikan balapan di posisi pertama dan meninggalkan pebalap di belakangnya cukup jauh. Lain halnya dengan Rizal yang mendapat perlawanan ketat dari pembalap Malaysia sehingga harus puas finish di posisi ke 3. Sedangkan M. Sapril masih berupaya membiasakan dirinya berkompetisi dengan pebalap asing, sehingga hanya sanggup menyelesaikan balapan di posisi ke-7.

Perolehan positif tersebut membuat Jefri dan Rizal merasakan berdiri di panggung podium Asia sekaligus bangga bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengibarkan bendera Merah Putih untuk pertama kali di tahun 2016 ini.
 
Di sesi race 2. Menggunakan strategi yang sama dengan race 1 sekaligus memperbaiki teknik balapan memberikan perkembangan positif bagi pengalaman balap ketiga pebalap. Sedikit berbeda dengan jalannya balap di race 1, kali ini Rizal Feriyadi yang berhasil mempertahankan podium juara ke-3. Upaya Rizal untuk terus mencuri posisi pebalap negara lain agaknya cukup maksimal, namun pergerakan pebalap Malaysia dan Filipina yang agresif menghalangi usaha Rizal, sehingga Rizal perlu waktu kembali untuk membaca peluang memenangkan pertandingan di seri balap selanjutnya. Sedangkan M. Sapril sanggup meningkatkan kualitas balapnya di belakang Rizal dengan menempati posisi ke-4.
 
Progres positif pebalap Tim Suzuki Indonesia di seri pertama SAC 2016 telah menjadi pengalaman sangat berharga yang membanggakan. Banyaknya pelajaran baru selama balap di tingkat Asia menjadi ilmu baru bagi Jefri, Rizal dan Sapril guna menumbuhkan semangat lebih tinggi dalam menghadapi seri selanjutnya di Thailand, 6 – 8 Mei 2016 mendatang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.