Alasan Ajang Balap Yamaha Sunday Race Tak Ada Kelas Matik

Alasan Ajang Balap Yamaha Sunday Race Tak Ada Kelas Matik

Ajang balap tahunan Yamaha Sunday Race (YSR) 2019 telah memasuki putaran final. Dalam balapan yang digelar di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat ini didominasi oleh motor Yamaha All New R15 dan R25. 

Sejak diadakan lima tahun lalu, tidak ada kelas motor matik yang dilombakan dalam ajang balap YSR ini. Menanggapi hal tersebut, Muhammad Abidin selaku GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan alasannya.

   Baca Juga: Daftar Harga Royal Enfield Terbaru (November 2019)

"Kalau kelas Maxi atau matik di sini (balap YSR) tentunya juga beresiko. Karena motor matik itu mesinnya juga berfungsi sebagai rear arm. Nah, karena berfungsi sebagai rear arm, sehingga wheel travel-nya pendek, kalau wheel travel-nya pendek waktu melakukan manuver pasti mentok. Dan itu selain merusak gravel juga berbahaya untuk motor," kata Abidin pada OtoRider di Sentul, Bogor (24/11).

Yamaha Sunday Race 2019

   Baca Juga: Sentuhan Baru, Top Speed dan Jarak Tempuh Vespa Electrica Meningkat

Abidin menambahkan, balapan kelas matik diadakan di kejuaraan Yamaha Cup Race. Kebalikan dari YSR, di Yamaha Cup Race tidak diadakan kelas untuk motor Yamaha R-Series.

"Kenapa R-Series tidak dipertandingkan di Cup Race? karena power-nya kegedean dan radius di cornering-nya itu membutuhkan sirkuit yang lebar. Nah, persoalannya ada di safety," jelas Abidin.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id