Lebih Dekat dengan Joan Mir, Si Spesialis Tikungan Akhir

Lebih Dekat dengan Joan Mir, Si Spesialis Tikungan Akhir

Pembalap tim Suzuki Ecstar, Joan Mir tengah menjadi perbincangan hangat di MotoGP musim 2020 ini. Hal tersebut terjadi berkat penampilan gemilangnya di beberapa seri. Meskipun belum meraih podium pertama di musim ini, Mir tetap dianggap sebagai salah satu kandidat juara dunia.

Sepanjang musim 2020, Mir berhasil mengamankan empat kali podium, tiga di posisi kedua serta satu podium ketiga. Podium tersebut ia raih saat seri MotoGP Catalunya, Emilia Romagna, San Marino, dan Austria. Mengawali debut di kelas MotoGP pada 2019 lalu, bagaimana perjalanan Mir?

   Baca Juga: Harga Terbaru Supra X 125 dan Motor Bebek Honda Lainnya (Oktober 2020)

Mir mengawali karir balapnya di ajang Grand Prix (GP) seri Australia pada 2015 setelah menggantikan Hiroko Ono yang mengalami cedera. Meski hanya tampil sekali, saat itu ia berhasil mengesankan banyak orang berkat kecepatannya.

Joan Mir

 

Di tahun berikutnya, yakni 2016 ia bergabung bersama Leopard Racing dengan menunggangi motor KTM di kelas Moto3. Pembalap kelahiran 1 September 1997 ini berhasil meraih kemenangan pertamanya di GP Austria.

Pada 2017, Mir tetap bersama Leopard Racing. Namun, ia tak lagi menaiki motor KTM, tetapi menggunakan motor Honda. Di musim ini dirinya berhasil menjadi juara dunia berkat raihan 13 kali podium serta perolehan 341 poin.

Berkat penampilan gemilangnya, Joan Mir kemudian naik ke kelas Moto2 bersama EG 0,0 Marc VDS dan bermitra dengan Alex Marquez pada 2018. Pria kelahiran Palma de Mallorca, Spanyol ini juga berhasil meraih gelar Rookie of the Year.

Joan Mir

 

Tak butuh waktu lama, Mir langsung naik ke kelas MotoGP pada 2019 dengan bergabung bersama Suzuki. Pada debutnya di kelas tersebut, ia mengakhir musim dengan total 92 poin dan berada di posisi 12 klasmen kejuaraan dunia.

   Baca Juga: Klasmen MotoGP Usai Seri Catalunya: Quartararo dan Mir Bersaing Ketat

Kini di musim balap MotoGP 2020, Mir telah mencatatkan 100 poin dan bertengger di posisi dua klasmen sementara. Dirinya pun hanya terpaut 8 poin dengan pemuncak klasmen, yakni Fabio Quartararo.

Sepanjang karirnya, tercatat Mir telah membukukan total 24 podium, 2 pole position, serta satu gelar juara dunia. Bagaimana menurut Anda? Akankah Joan Mir bisa menjadi penantang kuat dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP musim 2020 ini?

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id