Tak Hanya Gelar Juara Dunia MotoGP, Ini Catatan Gemilang Suzuki di 2020

Tak Hanya Gelar Juara Dunia MotoGP, Ini Catatan Gemilang Suzuki di 2020

Joan Mir berhasil keluar sebagai pemegang gelar juara dunia MotoGP 2020 bersama tim Suzuki Ecstar. Raihan tersebut didapatkannya usai menjalani seri Valencia, Spanyol akhir pekan lalu. Berkat kemenangan tersebut, sejumlah catatan gemilang pun berhasil ditorehkan oleh tim berwarna biru ini.

Catatan gemilang yang pertama adalah gelar bergengsi itu berhasil diraih setelah dinantikan selama 20 tahun sejak kemenangan terakhir di tahun 2000. Prestasi ini sekaligus menjadi hadiah terindah di hari ulang tahun ke-100 Suzuki di dunia dan 60 tahun di balapan.

   Baca Juga: Tips Lakukan Pengereman Motor Saat Kecepatan Tinggi, Sudah Tahu?

Sejumlah peristiwa penting juga bertepatan dengan dinobatkannya Mir sebagai juara dunia 2020. Selain hari jadi ke-100 di dunia dan 60 tahun di balapan, Suzuki Indonesia juga merayakan ulang tahun ke-50.

Suzuki Ecstar (Alex Rins dan Joan Mir)

Keberhasilan Joan Mir di atas Suzuki GSX-RR turut menandai kemenangan perdana era mesin 4-stroke di ajang MotoGP. Sebelumnya, pada tahun 2000 atau 20 tahun lalu kemenangan juara dunia diraih Kenny Roberts, Jr. dengan motor Suzuki bermesin 2-stroke.

Raihan juara dunia musim 2020 ini menjadi gelar ke-16 bagi Suzuki dan yang ke-2 bagi Joan Mir, salah satunya saat masih berlaga di kelas Moto3 pada 2017 lalu. Joan Mir sendiri merupakan pembalap ke-10 dalam sejarah yang memenangkan gelar juara dunia menggunakan Suzuki, ditinjau dari semua kategori, dan menjadi pembalap ke-7 di kelas 500 cc/ MotoGP. 

   Baca Juga: GALERI: Honda PCX 125 2021, Tampil Modern dan Futuristis

Selain itu, hasil ini juga merupakan hal bersejarah dan penting bagi tim Suzuki Ecstar, karena menjadi tim pertama dalam sejarah Suzuki yang memenangkan Kejuaraan Dunia kategori Tim.

"Kejuaraan dunia? Kedengarannya luar biasa! Sangat sulit untuk menemukan kata-katanya saat ini, tetapi saya harus mengucapkan terima kasih kepada begitu banyak orang, kepada Suzuki atas kesempatan ini, saya sangat senang memberi mereka gelar! Menjadi orang yang memberi mereka mahkota lagi setelah 20 tahun adalah perasaan yang luar biasa dan kehormatan sejati. Seluruh tim melakukan pekerjaan luar biasa, dan saya sangat gembira dengan kemenangan kejuaraan ini," ujar Mir dalam keterangan resmi Suzuki Racing.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id