Berikut Perbedaan Mesin Piaggio MP3 500 HPE dari Versi Lama

Berikut Perbedaan Mesin Piaggio MP3 500 HPE dari Versi Lama

Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance merupakan skutik roda tiga terbaru yang dipasarkan oleh PT Piaggio Indonesia. Model anyarnya merupakan perkembangan terbaru dari versi lamanya yakni Bussiness. Pembaruan paling banyak terdapat dari segi mesinnya, kira-kira apa saja yang berubah?

Yudi Riswanto selaku Technical Trainer Manager PT Piaggio Indonesia mengatakan perubahan di sektor mesin terjadi cukup banyak. Beberapa komponen diperbarui oleh pabrikan Italia tersebut. Perubahan tentunya agar memiliki peningkatan dari sisi tenaga dan konsumsi bahan bakarnya.

Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance

"Banyak, kalau dibelah itu klep-nya baru, piston-nya baru, crankcase masih sama. Filter udaranya juga beda, pompa bensinnya beda, karena pompa bensinnya kami naikan dari 3 jadi 3,5 sampai 4. Jadi mainnya di 3,5 kalau versi sebelumnya di 3," ujar Yudi saat ditemui awak media beberapa waktu yang lalu.

   Baca Juga: Seberapa Penting Gigi Mundur di Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance?

Hasilnya menurut Yudi cukup signifikan dibandingkan versi lamanya. Menurutnya, Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance dapat menjadi lebih kencang. Meski menjadi lebih kencang, dirinya mengklaim konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance

"Misalnya untuk mencapai jarak sekian, kecepatan sekian, Business itu butuh bensin lebih banyak, kalau sekarang lebih sedikit. Power-nya naik 12-14 persen, dengan bensin yang lebih sedikit tenaga yang didapat lebih besar. Itu yang disebut HPE, karena ini jauh lebih bagus dari yang Business," lanjut Yudi.

   Baca Juga: Honda CRF250L dan CRF250L Rally 2021 Dirilis, Apa Saja Ubahannya?

"Kompresinya lebih besar ini sedikit, jadi lebih tinggi yang ini. Karena ini ruang bakarnya didesain ulang. Dudukan klepnya saja derajatnya kami desain ulang. Jadi dengan konsumsi yang sama, tenaga bisa beda," terang Yudi.

Sebagai tambahan informasi, Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance memiliki mesin High Performance Engine, 4-Tak, satu silinder, berkapasitas 493 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 44,2 dk di 7.750 rpm dan torsi 47,5 Nm di 5.500 rpm. Tenaga tersebut dikendalikan melalui ride by wire dan disalurkan ke roda belakang melalui CVT.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id