Tampil Optimal, Bagnaia Ungkap Caranya Beradaptasi dengan Motor Ducati

Tampil Optimal, Bagnaia Ungkap Caranya Beradaptasi dengan Motor Ducati

 

Francesco Bagnaia memperlihatkan penampilan yang cukup konsisten bersama Ducati di sepanjang musim MotoGP 2021. Saat ini, Bagnaia berada di urutan kedua klasemen kejuaraan dengan mengantongi 202 poin. Ia terpaut 52 poin dari Fabio Quartararo yang berada di posisi teratas.

Naik ke kelas MotoGP sejak 2019 lalu, Bagnaia tak langsung tampil kompetitif. Musim ini, Bagnaia mencatatkan 7 podium serta 4 pole position di atas motor Desmosedici GP21. Lantas, apa rahasianya bisa beradaptasi dengan motor Ducati?

   Baca Juga: Berburu CBR250RR, R25, dan Ninja 250? Simak Harga Terbaru Oktober 2021

"Ketika saya mulai di Ducati, saya selalu jatuh, perasaan saya tidak pernah sangat baik. Saya mencoba mendorong, tetapi gaya mengemudi saya tidak cocok dengan Ducati karena saya selalu melaju dengan kecepatan menikung yang tinggi di Moto2. Di kelas Moto2 juga tidak bisa mengerem terlalu keras, karena roda belakang selalu selip," ujar Bagnaia dikutip dari Speedweek.

Francesco Bagnaia dan Jack Miller

Di musim ini, pembalap bernomor 63 tersebut mengaku mengubah pendekatannya pada motor. Selain itu, pengaturan motor juga disesuaikan dengan gaya membalapnya. Ubahan ini pun ternyata sukses membuatnya tampil lebih kompetitif dibandingkan dua musim sebelumnya.

   Baca Juga: Klasemen Kejuaraan Konstruktor dan Tim MotoGP 2021 Usai Seri Austin

"Tahun ini saya sedikit mengubah pendekatan saya pada motor. Saya merasa sangat mengenal motor ini. Saya beradaptasi dengan sangat baik pada rem dan sekarang saya bisa menghentikan motor dengan sangat baik. Saya merasa hebat. Set-up Ducati saya juga disesuaikan dengan gaya mengemudi saya dalam hal kecepatan menikung. Motor kami tidak secepat itu di tengah tikungan. Tapi kami melakukan pekerjaan dengan baik tahun ini dan sekarang motornya lebih cocok untuk itu," jelas pembalap jebolan akademi VR46 itu.

Penampilan impresif Bagnaia ini pun turut mendapatkan pujian dari Valentino Rossi. "Pecco (sapaan Bagnaia) sangat mengesankan, dia dalam kondisi sangat baik. Sangat menyenangkan melihatnya mengemudi. Cara dia mengendarai Ducati sangat bagus. Sudah lama sejak Ducati terlihat seperti ini. Saya merasa sangat senang," kata Rossi.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id