Valentino Rossi Sebut Gaya Berkendara MotoGP Sekarang Sudah Berubah

Valentino Rossi Sebut Gaya Berkendara MotoGP Sekarang Sudah Berubah
Selasa, 6 Juli 2021 15:00
Thio Pahlevi

Valentino Rossi belum juga menunjukkan performa terbaiknya di musim MotoGP 2021. Pada seri sebelumnya yang diadakan di Assen, Belanda, pembalap Petronas Yamaha ini bahkan gagal finish akibat terjatuh di tikungan 7 pada lap 8. Kini, Rossi memasuki usia 42 tahun dan telah menjalani musim ke-22 di kelas utama.

Sepanjang karir balapnya itu, Rossi pun menyebut gaya berkendara pembalap saat ini sudah berubah. Menurutnya, kini para rider bisa berbelok lebih cepat di tikungan. Selain itu, hal ini juga memberikan akselerasi yang cukup baik.

   Baca Juga: Harga Terbaru Kawasaki W175 Series, Varian Apa yang Termurah?

"Dalam lima tahun terakhir, cara Anda mengemudi telah berubah, terutama posisi Anda di atas motor. Sekarang semua orang bersandar jauh dari panel dan ke depan, dengan kepala, bahu, dan siku mereka. Dari sudut pandang saya, cara kami mendekati tikungan dan memilih garis telah banyak berubah. Karena dengan motor, ban, dan rem ini, Anda bisa berbelok lebih cepat di tikungan. Itu membuat Anda mengemudi sedikit berbeda," jelas Rossi dikutip dari Speedweek.

Valentino Rossi

Rossi menambahkan perubahan ini juga membuat pembalap bisa masuk tikungan lebih cepat dan mengerem lebih keras. Namun, motor menjadi lebih berat saat berubah arah. Sehingga, diperlukan lebih banyak tenaga. Ia mengatakan ini adalah perbedaan utama dari semua aerodinamika.

   Baca Juga: Berkenalan dengan Teknologi Fail Safe Mode pada Motor Injeksi Honda, Apa Itu?

"Secara fisik lebih sulit karena motor sekarang lebih menuntut. Motornya sekarang lebih cepat, Anda memiliki aerodinamis, Anda dapat mengerem nanti, meremas motor lebih banyak. Bukan hanya posisinya, tetapi secara keseluruhan sekarang secara fisik lebih sulit," ujar The Doctor, julukan Rossi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.