Berkenalan dengan Teknologi Fail Safe Mode pada Motor Injeksi Honda, Apa Itu?

Berkenalan dengan Teknologi Fail Safe Mode pada Motor Injeksi Honda, Apa Itu?

 

Teknologi mesin injeksi saat ini banyak ditemukan pada motor terbaru, seperti halnya pabrikan Honda. Berbeda dengan mesin karburator, motor injeksi dilengkapi dengan beragam indikator dan sensor guna menunjang performa. Nah, salah satunya adalah fitur Malfunction Indicator Lamp (MIL) atau check engine yang dibekali teknologi Fail Safe Mode.

MIL sendiri merupakan fitur yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengendara terkait kinerja dari sistem Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Apabila ada kerusakan pada sistem PGM-FI, maka lampu indikator MIL akan menyala atau berkedip. Fitur ini bekerja berdasarkan informasi dari Engine Control Module (ECM).

   Baca Juga: Ditawari Gabung Yamaha, Miguel Oliveira: Saya Menghormati Kontrak dengan KTM

Saat lampu indikator MIL menyala atau berkedip, pengendara tak perlu khawatir karena ECM sudah dibekali dengan teknologi Fail Safe Mode. Lantas, teknologi apakah itu? Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) pun memberikan penjelasannya.

Lampu indikator injeksi atau lampu mil motor

"Teknologi ini akan memberikan informasi atau data-data yang dibutuhkan oleh ECM ketika terdapat sensor yang bermasalah sehingga sepeda motor tetap bisa dihidupkan dan dijalankan dengan normal hanya saja performa mesinnya akan sedikit menurun," jelas Ade dalam keterangan tertulis.

   Baca Juga: Intip Kemeriahan Perayaan Ulang Tahun Ke-75 Vespa Di Beberapa Dealer Resmi

Ade menambahkan, jika kerusakan sistem PGM-FI terdapat pada bagian komponen primer atau sensor utama, maka secara otomatis ECM akan mematikan fitur pengapian mesin dan suplai bahan bakar, sehingga motor tidak bisa dihidupkan.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id