BMW Motorrad Tertarik Ikut MotoGP, Siap Gantikan Suzuki Ecstar

BMW Motorrad Tertarik Ikut MotoGP, Siap Gantikan Suzuki Ecstar
Rabu, 15 Juni 2022 09:45
Ruslan Abdul Gani

Setelah Suzuki memutuskan hengkang dari ajang balap MotoGP akhir musim ini, Dorna pun berencana mencari tim pengganti. Sudah banyak tim yang dikabarkan siap melangkah ke MotoGP. Namun, Dorna Sports tidak mau ada tambahan tim satelit, melainkan ingin pabrikan.

CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta memastikan hanya ingin ada tim pabrikan untuk mengisi slot kosong Suzuki Ecstar di MotoGP 2023 nanti. "Jika ada pabrikan yang benar-benar tertarik dengan kejuaraan dunia MotoGP, dan memutuskan untuk berpartisipasi serta investasi dalam jangka panjang, kami selalu terbuka untuk diskusi," kata Ezpeleta dikutip dari Speedweek.

   Baca Juga: Perbedaan Tinggi Jok dan Dimensi Kawasaki KLX230S dan KLX230SM

Setelah itu, beberapa pabrikan dikabarkan tertarik untuk isi slot kosong Suzuki Ecstar. Salah satunya adalah BMW Motorrad yang memang dikenal sudah memiliki nama di dunia balap motor. Pasalnya, kini BMW Motorrad sudah memiliki divisi balapnya yakni BMW Motorsport. Mereka juga sudah terjun ke dunia balap roda dua dengan produk motor M 1000 RR.

BMW M1000RR

Seorang manajer yang levelnya sudah tinggi di BMW mengatakan, bagi BMW Motorrad dan BMW AG, MotoGP selalu menjadi pertimbangan. Tapi, tergantung dari siapa yang mengambil keputusan akhir. Beberapa petinggi di BMW sudah tertarik, tapi beberapa jajaran direksi di BMW AG memperlambatnya.

   Baca Juga: Harga Baru Honda PCX 160 dan PCX e:HEV per Juni 2022

Perlu diketahui ada banyak aspek yang menjadi bahan pertimbangan BMW sebelum menyatakan terjun di ajang MotoGP, salah satunya finansial. Untuk aspek finansial, setidaknya satu tim di ajang balap MotoGP harus menyiapkan dana hingga 20 juta Euro (setara dengan Rp 307 miliar) per tahun. Apalagi, uang investasi di MotoGP dikabarkan berkali-kali lipat lebih besar.

Namun, semenjak adanya regulasi ECU standar dan ban satu merek, anggaran di MotoGP bisa ditekan sangat rendah dibanding 15 tahun lalu. Makanya, BMW Motorrad yang merupakan pabrikan motor kedua terbesar di Eropa disebut sanggup untuk turun di MotoGP secara finansial.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.