Dorna-Suzuki Masih Negosiasi Soal Kontrak MotoGP Hingga 2026

Dorna-Suzuki Masih Negosiasi Soal Kontrak MotoGP Hingga 2026

 

Keputusan Suzuki mundur dari paddock MotoGP setelah musim 2022 membuat para pembalap, mekanik, manajer tim hingga para fans pabrikan tersebut terpukul. Selain itu, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta mengatakan pihaknya memiliki kontrak mengikat secara hukum dengan Suzuki, yang memastikan partisipasi pabrikan dalam seri MotoGP hingga 2026.

Menurutnya, Suzuki masih dalam rencana untuk berhenti dari seri Grand Prix pada 2023, tetapi merek tersebut harus menyetujui persyaratan dengan Dorna sebelum secara resmi menarik diri. Suzuki beberapa waktu lalu telah mengeluarkan pernyataan resmi bahwa perubahan besar dan tantangan dalam industri otomotif belakangan ini jadi alasan mundurnya pabrikan asal Hamamatsu dari MotoGP.

   Baca Juga: 3 Tips Merawat Rem Cakram Motor, Salah Satunya Bisa Dikerjakan Sendiri

Joan Mir dan Alex Rins Suzuki Ecstar MotoGP 2022

Carmelo Ezpeleta sebenarnya cukup berempati dengan masalah Suzuki baru-baru ini. Oleh sebab itu, ia masih membuka peluang untuk berdiskusi bersama tim pabrikan Suzuki. “Saya diberitahu oleh Livio Suppo bahwa keputusan itu tidak dilanjutkan setelah musim ini,” ujar Ezpeleta.

“Hal pertama yang kami katakan adalah bahwa kami dapat memahami, tetapi kami perlu berbicara untuk mengetahui situasinya karena kami memiliki perjanjian dengan Suzuki yang ditandatangani tahun lalu. Kita perlu memahami persis di mana masalahnya,” kata Ezpeleta.

Joan Mir dan Alex Rins Suzuki Ecstar MotoGP 2022

Tentu saja partisipasi tim pabrikan dalam MotoGP butuh biaya besar. Terlebih ini bukan pertama kalinya Suzuki meninggalkan MotoGP karena masalah keuangan. Namun, dengan Joan Mir yang memiliki gelar juara MotoGP 2020 dan daya saing tim di putaran awal musim 2022 yang cukup baik, banyak penggemar dan tim merasa frustrasi pada berita mengejutkan itu.

   Baca Juga: Berkenalan dengan Teknologi Oli Honda, Apa Keunggulannya?

“Bagi saya, penting untuk mengatakan bahwa kami jelas tidak senang dengan kepergian Suzuki, tetapi yang paling penting adalah performa (Suzuki) dalam kondisi sangat baik. Tergantung pada bagaimana proposalnya, kami akan memutuskan apakah kami ingin mengganti Suzuki atau kami akan melanjutkan situasi seperti sekarang tanpa Suzuki,” tuturnya.

Kabar terkini Dorna sedang mempertimbangkan beberapa kandidat untuk menggantikan tempat Suzuki. Organisasi tersebut belum secara resmi mengungkapkan apakah tim pabrikan lain telah mengajukan proposal, tetapi tim satelit Moto3 Leopard secara terbuka menyatakan minatnya.

Sumber : RideApart

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id