Ducati Soroti Beberapa Aspek Soal Penerapan Sprint Race di MotoGP 2023

Ducati Soroti Beberapa Aspek Soal Penerapan Sprint Race di MotoGP 2023

 

Pada musim MotoGP 2023 rencananya sistem balapan akan menggunakan format baru yang dinamakan Sprint Race. Terkait sistem baru ini banyak pihak yang pro dan kontra. Penerapan dari sistem Sprint Race ini nantinya pada satu pekan akan diadakan dua kali balapan, yaitu Sabtu dan Minggu.

Sistem baru tersebut bertujuan untuk menarik minat para penonotn MotoGP, baik secara langsung maupun lewat televisi. Sebenarnya, sistem ini sudah diterapkan lebih dulu di ajang World Superbike (WorldSBK).

   Baca Juga: Cegah Modus Nakal, Korlantas Polri Bakal Siapkan BPKB Elektronik?

Melansir dari Speedweek, Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti menanggapi secara positif mengenai Sprint Race yang akan diterapkan musim depan. Menurutnya, mungkin sudah saatnya untuk memperkenalkan sesuatu yang baru di MotoGP.

Alex Rins,Jack Miller,Francesco Bagnaia,Fabio Quartararo,Enea Bastianini,Johann Zarco

"Tentu saja, ada beberapa diskusi sebelum konsep baru diumumkan. Begitu pula dari presentasi di Austria hingga detailnya di Aragon. Formatnya ini harus dibahas secara detail seperti berapa lama FP1 harus berlangsung. Perlombaan sprint seharusnya membantu menghasilkan lebih banyak perhatian bagi para penggemar, untuk televisi dan media lainnya," kata Ciabatti.

   Baca Juga: Jelang MotoGP Thailand 2022, Quartararo: Kami Harus Bekerja Keras

Ciabatti mengatakan sebelum diterapkan perlu ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. “Contohnya, kami ingin memastikan pabrikan bisa mendapat jumlah mesin yang sama tiap musimnya," ungkap Ciabatti.

Kemudian, dari aspek teknis juga perlu diperhatikan yaitu mekanik harus memiliki cukup waktu dalam memperbaiki dan memeriksa motor kedua jika pembalap terjatuh di hari pertama. "Itulah mengapa kami memaksa agar tetap ada warm up pada Minggu. Meskipun, itu hanya 10 menit, bukan 20 menit. Menurut kami, 10 menit cukup untuk memeriksa semua fungsi pada motor di Minggu pagi. Selain itu, ada juga tim yang memasang mesin baru pada Sabtu malam. Jadi, Anda harus memastikan semuanya bekerja," terangnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id