ITDC Ungkap Biaya Pembangunan Sirkuit Mandalika, Capai Rp 1 Triliun!

ITDC Ungkap Biaya Pembangunan Sirkuit Mandalika, Capai Rp 1 Triliun!
Jumat, 4 Februari 2022 12:00
Brian

Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok tengah disiapkan untuk menggelar MotoGP. Sirkuit ini sebelumnya mulai dibangin pada 2017 lalu dan dibuka pada 2021 kemarin pada ajang balap World Superbike (WSBK). Dengan taraf internasional, tentunya biaya untuk pembangunannya tidaklah murah.

Abdulbar M Mansoer selaku Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengungkapkan besaran biaya membangun Sirkuit Mandalika. Menurutnya pembangunan sirkuit baru bertaraf internasional di tanah air itu adalah yang paling besar. Sejumlah pengerjaan pun disebutkannya telah memakan biaya ratusan miliar.

   Baca Juga: Sirkuit Mandalika Kerjasama Dengan IMI Tuk Siapkan Marshal MotoGP Indonesia

"Sebab untu groundwork saja, di bawah saja, memastikan bisa dibangun, itu Rp 300 miliar. Untuk kontrak aslap, itu Rp 900 miliar dari PP (Pembangunan Perumahan), karena kita pakai stone mastic asphalt yang terbaik. Saat WSBK itu hujan deras tapi semua pembalap tampil maksimal dan menyebutkan cengkraman aspalnya sangat bagus," ujar Abdulbar di Jakarta, Rabu (2/2) kemarin.

Sirkuit Mandalika

"Kemudian paddock itu sekitar Rp 200 miliar. Sekarang kita juga menambah investasi lagi dari VIP Village. Sebelumnya, hanya satu seksi yang terbangun. Nanti, akan ada satu lagi yang lebih panjang, 2.400 VIP, itu panjangnya 200 meter dari ujung paddock sampai ke tikungan pertama," lanjut Abdulbar.

   Baca Juga: Pembalap Muda KTM Tech3 Akui Banyak Belajar dari Dani Pedrosa

Selanjutnya Abdulbar mengatakan, untuk grand stand, sebelumnya MGPA hanya menyewa dari PON karena keterbatasan waktu. Saat ini MGPA telah membeli tribun dari Prancis, Jepang, dan Cina sebanyak 50.000 kursi yang berkalas dan juga permanen. Semua pengeluaran tersebut dikatakan telah memakan biaya lebih dari Rp 1 triliun.

"Di bawahnya, kalau sebelumnya itu lumpur, sekarang sudah kita perkerasan. Jadi, investasi ini mungkin sudah di atas Rp 1 triliun lebih. Warisan ini harus kita jaga, ini bukan hanya untuk periode kami, tapi untuk 50 tahun berikutnya ini bisa dari warisan Indonesia," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.