Marc Marquez Bicara Soal Kondisinya Saat Alami Cedera Diplopia

Marc Marquez Bicara Soal Kondisinya Saat Alami Cedera Diplopia

 

Marc Marquez berhasil melewati rentetan cedera yang dialami selama dua musim terakhir. Usai cedera lengan, pembalap Repsol Honda tersebut menderita cedera diplopia atau penglihatan ganda akibat terjatuh saat berlatih off-road. Lantas, bagaimana cerita pengalamannya selama menjalani pemulihan beberapa cedera itu?

Marquez mengatakan diplopia merupakan cedera yang lebih buruk dibandingkan cedera lengan. Hal ini dikarenakan menurutnya cedera lengan memiliki grafik perkembangan yang bisa selalu diamati dan seiring waktu tentu akan segera sembuh. Kakak dari Alex Marquez tersebut mengaku sudah memiliki cedera diplopia sejak 2011.

   Baca Juga: Berkenalan dengan Traction Control System, Fitur Apakah Itu?

"Penglihatan ganda jauh lebih buruk daripada cedera tulang. Tapi diplopia, saya sudah mengalaminya pada 2011, saya tahu risikonya. Dokter Bernardo Sanchez Dalmau, yang selalu sangat tulus dan jujur, memberi saya tiga skenario: "Mari kita tunggu tiga bulan. Jika tidak sembuh, ada operasi yang bisa dicoba tiga kali. Dan jika operasi ini tidak berjalan dengan baik, wah, mungkin Anda tidak akan memiliki penglihatan Anda untuk mengendarai motor, tetapi mungkin Anda hanya perlu menjalani kehidupan yang normal," ujar Marquez dikutip dari PaddockGP.

Marc Marquez

Cedera penglihatan ganda ini diakui Marquez sempat membuatnya sedih. Namun, kini ia telah dinyatakan sembuh dan dianggap sebagai sebuah keajaiban. Jelang dimulainya MotoGP 2022, Marquez pun optimistis bisa tampil jauh lebih baik dibanding beberapa musim sebelumnya.

   Baca Juga: Pakai Basis Mesin Serupa PCX 160, Area CVT Honda Vario 160 Berbeda?

"Ketika dokter memberi tahu Anda, Anda akhirnya menangis sendirian di sebuah ruangan, karena Anda tahu apa yang bisa terjadi. Tidak peduli seberapa optimis Anda dan seberapa besar Anda ingin berkendara serta keluar dari situasi ini, Anda harus realistis. Bercerita adalah omong kosong, Anda harus membicarakannya dan tahu bahwa ada kemungkinan Anda tidak bisa lagi menjalani kehidupan normal. Sekarang dokter mengatakan itu adalah keajaiban bahwa setelah dua setengah atau tiga bulan penglihatan saya sembuh dan tidak memiliki efek samping," jelas Marquez.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id