Pakai Basis Mesin Serupa PCX 160, Area CVT Honda Vario 160 Berbeda?

Pakai Basis Mesin Serupa PCX 160, Area CVT Honda Vario 160 Berbeda?

 

All New Honda Vario 160 resmi mengaspal di pasar roda dua Tanah Air. Skutik tersebut mendapatkan sejumlah ubahan signifikan dibanding generasi sebelumnya. Terutama, area mesin yang memakai spesifikasi mirip PCX 160. Mengusung basis mesin serupa, apa yang membedakan antara Vario 160 dan PCX 160 di segi performa?

Reza Rezdie S selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penjelasan lengkapnya. Ia mengatakan Vario 160 dan PCX 160 punya basis mesin yang sama, hanya saja terdapat beberapa penyesuaian.

   Baca Juga: Motor Honda RC213V Marquez dan Espargaro Dirilis, Apa Saja Ubahannya?

"Kalau dari segi mesin, terutama di bagian kelistrikan, sistem PGM-FI-nya tentunya antara PCX 160 sama Vario 160 ini kan beda karakter ya. Maka dari itu, ada beberapa penyesuaian. Selain itu, bobot juga kan berbeda. Itu juga mempengaruhi penyesuaian. Dan untuk di bagian mesinnya, antara PCX 160 dan Vario 160 ini juga ada sedikit penyesuaian di bagian CVT-nya," ujar Reza saat ditemui di kawasan Cikarang, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

All New Honda Vario 160

Reza menambahkan perbedaan area CVT pun tak bisa hanya dilihat dari tampilannya saja. Karena, ubahan justru diberikan di bagian dalam komponen CVT. Lantas, apa saja perbedaan bagian CVT Vario 160 dan PCX 160?

   Baca Juga: Jangan Asal, Salah Beli Aki Yamaha Fazzio Pengaruh ke Performa

"Kalau sama PCX 160 secara fisik mungkin enggak kelihatan ya. Tapi diameter pulley depan sama diameter pulley belakang itu dia berbeda dengan PCX 160. Walaupun roller-nya itu bentuknya beda, tapi beratnya masih sama, 19 gram," jelas Reza.

All New Honda Vario 160

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id