Berkenalan dengan Traction Control System, Fitur Apakah Itu?

Berkenalan dengan Traction Control System, Fitur Apakah Itu?
Sabtu, 19 Februari 2022 15:00
Thio Pahlevi

Motor keluaran terbaru saat ini telah mempunyai sejumlah fitur modern, salah satunya adalah Traction Control System (TCS). Fitur ini sebelumnya seringkali disematkan pada motor-motor bermesin besar. Namun, kini motor dengan kapasitas mesin 150 cc pun sudah dibekali fitur keselamatan tersebut.

Lantas, apakah fitur TCS itu dan bagaimana fungsinya? Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) pun memberikan penjelasan lengkap.

   Baca Juga: Yamaha Rilis Tenere 700 World Raid, Sekali Isi Bensin Tembus 500 Km

Muslian mengatakan TCS merupakan fitur keselamatan berkendara yang mampu menjaga ban dari kondisi slip. Sehingga pengendara tidak perlu khawatir ketika melintasi permukaan jalan yang licin seperti jalan berpasir atau basah akibat guyuran hujan.

Fitur Traction Control TCS Yamaha NMax 155

"Perkembangan teknologi otomotif roda dua turut menghadirkan Traction Control System yang kian mendukung aktivitas berkendara. Manfaat fitur keselamatan ini membuat pengguna motor semakin enjoy dalam menjalani kegiatannya karena dapat melewati kondisi jalan yang licin tanpa khawatir ban slip," ujar Muslian.

   Baca Juga: Intip Harga Terbaru Kawasaki Ninja ZX-25R Februari 2022, Ada Kenaikan?

Muslian menambahkan terdapat dua komponen penting dalam TCS, yaitu speed sensor dan ECU. Cara kerjanya, speed sensor akan mengirimkan sinyal terkait putaran roda ke ECU.

Jika terdeteksi perbedaan putaran yang berlebih pada roda belakang akibat ban slip, maka ECU akan memundurkan waktu pengapian serta menghentikan supply bahan bakar sementara. Hasilnya, tenaga mesin dan putaran ban belakang berkurang sehingga dapat menghindari kemungkinan terjatuh akibat slip.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.