Usai Ajang MotoGP, Apakah Sirkuit Mandalika Bisa Disewa?

Usai Ajang MotoGP, Apakah Sirkuit Mandalika Bisa Disewa?

 

Sirkuit Mandalika baru digunakan dalam beberapa ajang balap saja, seperti World Superbika dan Tes Pramusim MotoGP. Kemudian pada 18-20 Maret mendatang, sirkuit tersebut juga akan digunakan sebagai tuan rumah seri kedua MotoGP 2022. Lantas usai MotoGP, bisakah Sirkuit Mandalika disewa untuk track day atau balapan lainnya?

Cahyadi Wanda selaku Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan Sirkuit Mandalika dapat digunakan untuk balap dan tur. Menurut Cahyadi ke depannya Sirkuit Mandalika dapat digunakan dalam kegiatan yang berbeda-beda. Baik itu menggunakan lintasan sebagai track day ataupun digunakan sekadar untuk wisatawan.

   Baca Juga: Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang, Sejauh Mana Prosesnya?

"Penyewaan adalah jika ada pihak yang menggunakan sirkuit, itu akan dipaketkan, karena ada marshal, medis, itu lebih ke Circuit Testing. Tapi kalau tur itu berbeda, memutari sirkuit dan melihat sirkuit dari dekat. jadi sama saja idenya seperti kita ke Eropa dan ingin melihat Old Trafford, seperti itu. Konsepnya kurang lebih sama," ujar Cahyadi dalam konferensi pers MGPA di Epicentrum Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sirkuit Mandalika

Cahyadi mengatakan intinya Sirkuit Mandalika bukan hanya untuk balapan, namun juga berwisata. Namun tentunya tidak mengesampingkan kemungkinan diadakan kejuaraan balap. Lantas kira-kira berapa harganya jika ingin menggunakan Sirkuit Mandalika untuk trackday atau balap?

   Baca Juga: Ducati di MotoGP Sindir Pabrikan Lain Tak Bisa Berinovasi

"Tentunya ini belum bisa kita jawab, kita harus lihat dari kesiapan medis, dan marshalnya. Karena ini tidak bisa sembarangan saja, tapi dalam waktu dekat akan kami umumkan. Sehingga para pembalap bisa mencoba lintasan ataupun balapan lokal juga dapat menggunakan sirkuit tersebut," pungkas Cahyadi.

Seperti diketahui, pada umumnya sebuah sirkuit jika tidak ada ajang balapan resmi sering digunakan untuk track day. Track day biasanya banyak dimanfaatkan untuk latihan atau sekadar mengetes motor. Dengan adanya track day lintasan juga tetap dimanfaatkan sehingga terhindar dari debu kotoran.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id