Masih Pakai 4-Silinder Segaris, Lin Jarvis Yakin pada Mesin Yamaha M1

Masih Pakai 4-Silinder Segaris, Lin Jarvis Yakin pada Mesin Yamaha M1
Sabtu, 4 Maret 2023 20:00
Ruslan Abdul Gani

Motor balap di ajang MotoGP musim 2023 ini rata-rata menggunakan basis mesin dengan konfigurasi V4. Yamaha menjadi satu-satunya pabrikan MotoGP yang masih menggunakan konfigurasi mesin Inline-4 atau 4-silinder segaris.

Melansir dari Crash, Managing Director Yamaha Racing, Lin Jarvis mengatakan Yamaha tetap menggunakan mesin 4-silinder segaris dan belum akan berpaling menggunakan model V4 seperti pabrikan lain.

   Baca Juga: Alex Rins Sebut Masih Banyak Pekerjaan yang Harus Dilakukan Honda

Lin Jarvis

"Saya tidak bisa membayangkan itu, karena merupakan tugas besar untuk merancang, mengembangkan, dan memproduksi mesin V4 1000cc untuk Kejuaraan Dunia MotoGP dari awal," ujar Lin Jarvis.

Meski tidak ingin beralih ke mesin berjenis V4, tapi Yamaha tengah berusaha meningkatkan kecepatan motor YZR-M1. Yamaha merekrut mantan perancang mesin F1 yakni Luca Marmorini untuk membantu meningkatkan kecepatan dari motor balap M1.

Yamaha YZR-M1 Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli MotoGP 2023

Langkah tersebut dilakukan guna memenuhi tuntutan Fabio Quartararo yang mengeluhkan YZR-M1 kurang tenaga saat trek lurus dan menyebabkan kalah top speed dari motor lain. Namun, Jarvis yakin dengan mesin 4-silinder segaris saat ini masih bisa dikembangkan sampai maksimal.

   Baca Juga: Joan Mir Merasa Masih Harus Beradaptasi dengan Motor Honda RC213V

“Kami yakin masih akan menemukan kapasitas pengembangan yang besar dengan Inline-4 kami. Sekarang saya selalu mendengar, Suzuki telah tiada, Yamaha adalah satu-satunya pabrikan dengan mesin segaris. Saya dengan senang hati menjawab, ya, hanya kami yang memiliki keunggulan ini," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.