Baru Meluncur, Bimota KB998 Siap Jadi Ancaman di WSBK 2025

Kamis, 24 Oktober 2024 16:10
Ilham Pratama

Test pra-musim resmi WSBK 2025 sudah dimulai pekan ini di sirkuit Jerez, Spanyol. Ada jenama yang membuat publik penasaran akan performanya yakni Bimota.

Baru Meluncur, Bimota KB998 Siap Jadi Ancaman di WSBK 2025 Bimota KB998. (Foto: Bimota)

OTORIDER - Tes pra-musim resmi WSBK 2025 sudah dimulai pekan ini di Sirkuit Jerez, Spanyol. Ada jenama yang membuat publik penasaran akan performanya yakni Bimota.

Tim ini merupakan wujud baru dari Kawasaki Racing Team yang hadir dengan sokongan dari pabrikan motor asal Italia, Bimota. Kedua brand tersebut melebur menjadi Bimota by Kawasaki Racing Team yang ditangani Provec Racing.

Sementara formasi pembalap masih sama, yakni Alex Lowes dan Axel Bassani. Tunggangannya berjuluk Bimota KB998 yang bisa disebut motor 'gado-gado'. Pasalnya, motor ini adalah kombinasi mesin Kawasaki Ninja ZX-10RR dengan rangka dan bodi dari Bimota.

Tak perlu heran, karena selama ini Bimota memang kerap memakai mesin dari motor-motor pabrikan lain. Seperti Honda, Suzuki, Kawasaki hingga Ducati.

Kolaborasi Bimota dan Kawasaki yang ikonik sebelumnya ada di model Bimota Tesi H2, yang menggabungkan mesin supercharger Kawasaki Ninja H2 dengan rangka dan kaki-kaki unik dari Bimota Tesi.

Spesifikasi Bimota KB998

Nah, di Bimota KB998 kolaborasi tersebut juga berlaku. Hampir semua komponen motor dibuat oleh Bimota, seperti sasis dan bodi.

Bimota
Bimota KB998. (Foto: Bimota)

Sehingga bisa dilihat, motor ini bukan lagi mengandalkan sasis twin spar besar seperti di Ninja ZX-10RR, namun lebih mengarah ke tubular perimeter. Sementara shape bodi cenderung lebih pipih dengan penambahan winglet sebagai penunjang aerodinamika.

Kawasaki Ninja ZX-10RR menyumbang mesin 4-silinder segaris 998 cc berpendingin cair. Bagian kaki-kakinya pun masih menggunakan paket suspensi dari Showa dan knalpot Akrapovic yang bertahan sejak Ninja ZX-10RR.

Motor berkelir hitam ini sejatinya didesain untuk balap. Tapi, kejuaraan WSBK mewajibkan adanya homologasi motor jalan raya. Sehingga, Bimota KB998 tentu akan hadir juga varian jalanannya.

Performa Bimota KB998

Di sesi tes hari ke-2 WSBK 2025 pada Rabu (23/10), Bimota KB998 menunjukkan potensinya. Dua pembalap Bimota by Kawasaki Racing Team sanggup mencetak waktu tercepat pertama dan kedua di Jerez.

Catatan waktunya sekitar 1 menit 38 detik yang tak jauh berbeda dengan pencapaian pembalap tim Aruba.it Racing Ducati, Nicolo Bulega.

Dikutip dari Visordown, BbKRT Manager, Guim Roda mengatakan jika masih banyak pekerjaan yang dilakukan sampai Bimota meluncurkan motor tersebut.

"Memiliki Alex Lowes dan Axel Bassani serta kru artinya kita harus konsentrasi dalam pengetesan. Mengumpulkan data selagi tes, mengingat motornya yang benar-benar baru," ucap Guim Roda dilansir Visordown, Selasa (22/10). (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Ikuti Channel kami pada tombol dibawah ini.
Telegram Channel
Google News
Bagikan  

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.