Intip Spesifikasi Motor Juara MotoGP Pertama di Dunia

Jumat, 6 September 2024 16:00
Ilham Pratama

Gelaran perdana dari event yang dulunya bernama Motorcycle Grand Prix ini hadir sejak 1949. Nah, tahukah Anda motor pertama yang jadi juara?

Intip Spesifikasi Motor Juara MotoGP Pertama di Dunia Motor pertama yang jadi juara MotoGP, AJS E90 ‘Porcupine’.

OTORIDER - Tahun ini gelaran balap motor paling akbar di dunia, MotoGP memasuki penyelenggaraan yang ke-75. Berbagai agenda pun digelar untuk merayakannya. Di antaranya dengan merilis livery motor retro di seri Inggris beberapa waktu lalu.

Gelaran perdana dari event yang dulunya bernama Motorcycle Grand Prix ini hadir sejak 1949. Kelas yang dilombakan juga lebih beragam. Mulai dari 125cc, 250cc, 350cc, 500cc, dan sidecar. Namun, GP500 menjadi kasta tertinggi.

Nah, tahukah Anda motor pertama yang jadi juara dari balapan 75 tahun silam? Ternyata motor dari pabrikan Inggris, AJS dengan model E90 ‘Porcupine’ yang membuka gelar juara. Motor ini turun bersama Harold Daniell di Grand Prix 500cc perdana yang diadakan di Isle of Man TT.

Saat itu, jangan dibayangkan motor balap yang dipakai akan mirip dengan versi barunya. Bahkan, dari motor di era 60-an pun masih jauh.

Tampilannya sederhana karena hanya dibekali tangki besar dan jok model solo yang menempel ke spakbor belakang. Ditambah, sasis dan lengan ayun bertipe pipa tubular dengan kesan sederhana. Tak ada fairing yang membalut motor.

Peleknya bertipe jari-jari dengan diameter roda belakang lebih kecil dari bagian depan. Suspensi depan teleskopik dan double shock di belakang. Remnya tipe tromol di kedua roda.

Area mesin mengandalkan 4-Tak, 500 cc, Horizontal Parallel-Twins, berpendingin udara, DOHC, Gear-Driven Camshaft. Teknologi canggih yang jadi andalannya berupa Magnesium Block dan Forged-Steel Crankshaft. Tak heran jika klaim tenaganya mencapai 40 PS dan top speed menyentuh 160 km/jam.

Saat itu, motor tersebut terbilang superior. Tapi setelah evolusi selama 75 tahun, motor MotoGP modern saat ini mampu menghasilkan daya hingga 300 PS dan top speed lebih dari 360 km/jam. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.