Pertimbangan Operasional, MotoGP India Dibatalkan Musim Ini

Pertimbangan Operasional, MotoGP India Dibatalkan Musim Ini Gelaran MotoGP India 2023.
Sabtu, 1 Juni 2024 06:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Grand Prix India yang merupakan seri ke-14 dalam kalender MotoGP tahun ini dibatalkan penyelenggaraannya. Federasi Balap Motor Internasional (FIM), IRTA, dan Dorna Sports mengumumkan bahwa Grand Prix India tahun ini akan ditunda hingga 2025.

"Mengikuti saran dari Pemerintah Uttar Pradesh seiring negara bagian tersebut melanjutkan komitmen jangka panjangnya terhadap MotoGP, olahraga ini akan kembali diadakan di Sirkuit Internasional Buddh pada bulan Maret 2025, ketika kondisi cuaca diperkirakan akan optimal bagi penonton dan pengendara,” kata MotoGP dalam keterangan resminya.

Grand Prix India sendiri digelar tepat satu pekan sebelum Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 27-29 September. Kazakhstan pun resmi menggantikan Grand Prix India.

"GP Kazakhstan perdana kini akan berlangsung pada tanggal 20 hingga 22 September sebagai balapan pertama kalender MotoGP 2024 untuk leg Asia," ujar keterangan MotoGP.

Padahal sebelumnya, akibat banjir di seluruh kawasan Asia Tengah, MotoGP sempat memutuskan balapan MotoGP di Kazakhstan tidak akan digelar pada Juni 2024 nanti.

Selain itu, pembatalan MotoGP di India dikarenakan pertimbangan operasional. Pada tahun lalu, bukan cuma satu, masalah demi masalah terus mewarnai seri MotoGP India yang berlangsung pada 22-24 September 2023.

Salah satunya terdapat orang-orang yang tidak berkepentingan merangsek masuk ke ruangan-ruangan di paddock untuk menumpang tidur. "Ada orang-orang India yang menggunakan ruangan itu untuk bermalam. Penyelenggaraan dari Grand Prix ini (di India) sejauh ini benar-benar kacau," kata seorang manajer tim MotoGP dikutip dari Speedweek. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.