Tips Singkirkan Kerak di Injektor dan Ruang Bakar Tanpa Bongkar Mesin

 Tips Singkirkan Kerak di Injektor dan Ruang Bakar Tanpa Bongkar Mesin
Jumat, 20 November 2015 11:05
Ilham Pratama

Meski minim perawatan, namun bukan berarti piranti injektor tidak perlu dibersihkan. Apalagi umumnya kualitas bahan bakar di Indonesia masih kurang baik, bisa menumpuk kerak di injektor dan ruang bakar tuh.

Salah satu caranya dengan mengandalkan cairan pembersih injektor dan ruang bakar seperti yang ditawarkan Jiester Moto Modification Shop (JMMS) di Jl. Panjang No. 5A Kebon Jeruk, Jakbar.

"Cairan keluaran Wurth ini bisa menyingkirkan kerak dan kotoran di nosel injektor, ruang bakar, piston, klep, lubang intake dan exhaust juga dibersihkan," papar Marsel dari JMMS.

Untuk menggunakan cairan ini dibutuhkan alat khusus berupa selang, kompresor angin dan tabung simulator (gbr. 1). Pertama, buka bodi dan lepas boks filter udara. Cabut selang bensin di injektor, ganti dengan selang dari tabung simulator (gbr.2).

Masukan bensin sebanyak 100 ml ke tabung simulator. Lalu colok tabung simulator dengan kompresor angin untuk memberi tekanan sebesar 40 psi sesuai rekomendasi tekanan fuel pump motor. "Kemudian hidupkan mesin 5-10 detik, lalu matikan lagi. Tujuannya untuk memancing pembakaran mesin," ungkapnya.

Matikan tekanan angin kompresor. Dan masukan cairan pembersih Wurth sebanyak 3/4 tabung simulator. Tambah bensin hingga tabung simulator pembersih penuh. Langkah selanjutnya, atur tekanan kompresor hinga 40 psi, lalu nyalakan mesin dan tunggu hingga cairan habis. "Cairan tersebut akan berperan seperti bensin. Namun kandungan aktifnya turut membersihkan kerak dan kotoran di jalur bensin dan ruang bakar," papar Marsel.

Selama pembersihan, pria ramah ini mewanti-wanti untuk jangan menggeber mesin karena malah merusak ruang bakar. Selain itu, sebaiknya jangan mengganti oli dan busi sebelumnya, karena efek pembersihan justru kurang optimal. "Sebaiknya ganti oli dan busi setelah pembersihan," katanya.

Marsel mengatakan jika servis ini dapat dilakukan pada semua motor injeksi, mulai dari matik bermesin kecil hingga motor besar. "Ongkosnya mulai Rp 220-500 ribuan. Tergantung tipe dan jumlah silinder motor," pungkas Marsel. (otorider.com)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.