Ganti Ban Lebar Jangan Asal, Perhatikan Ukurannya!

Ganti Ban Lebar Jangan Asal, Perhatikan Ukurannya!
Senin, 16 Mei 2016 09:35
Ilham Pratama

Atas nama gaya dan kenyamanan, pengguna motor kerap mengganti ukuran ban standarnya dengan yang lebih lebar. Tapi patut diingat, jangan asal ganti ban lebar. Karena bukan nyaman dan gaya yang didapat, tapi justru celaka jadi bayarannya.

Seperti dikatakan Dodi Yanto, Marketing Product Development ban IRC. "Yang kita rekomendasi sebagai pabrikan ban. Hanya naik satu step lebih lebar," bukanya.

Kalau perhitungan ban motor ukuran lebarnya terdapat pada angka di depan dengan kelipatan 10. Misalnya, ukuran ban belakang ban Yamaha MX-King, yang 120/70-17, lebih baik hanya naik jadi 130/70-17. Jangan lebih, karena lebar pelek tidak cukup untuk memegang ban.

"Kalau peleknya kecil, tapi bannya yang besar, maka posisi ban di pelek tidak proporsional. Ini tidak aman. Karena efeknya, kalau angin kurang di ban, maka ban bisa lepas dari pelek. Kalaupun ingin memaksa ganti ban dengan ukuran lebih lebar, maka sebaiknya pelek juga diganti dengan model yang lebih lebar juga," wanti pria yang kerap berwara-wiri di dunia balap motor nasional. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.