Kapan Saatnya Ganti Bearing Roda Motor Anda?

Kapan Saatnya Ganti Bearing Roda Motor Anda?
Rabu, 29 Juni 2016 10:30
Ilham Pratama

Bearing, alias laher roda merupakan salah satu komponen fast moving yang kerap diganti jika ada permasalahan pada bagian roda motor. Lalu, bagaimana cirinya jika harus diganti?

Kamso dari Kamso Motor di Cibubur mengatakan jika ciri-ciri bearing harus diganti adalah saat motor terasa oleng, seperti ban kurang angin. "Roda oleng, meskipun tekanan angin ban normal," ucapnya.

Jika sudah ada gejala oleng, itu artinya bearing sudah oblak, atau koclak dan aus.Sebaiknya langsung diganti. Sebab, jika didiamkan, selain berbahaya karena dapat mengganggu handling berkendara, bearing juga bisa pecah.

kondisi bearing oblak akibat kemasukan air

"Kalau pecah, justru lebih sulit melepasnya karena posisi sisi luar bearing masih menempel ke tromol roda, tapi bagian tengahnya sudah copot. Butuh waktu lebih lama untuk mencopotnya," urai Kamso.

Menurutnya, banyak yang menjadi penyebab bearing oblak. Mulai dari seringnya menghantam lubang, atau melewati kondisi jalan yang jelek. Hingga kemasukan air saat berjalan melewati banjir.

Patut diingat, meskipun tak punya usia pakai seperti kampas rem atau oli, namun bearing yang oblak tak bisa dibetulkan, jadi harus diganti. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.