Pascaturing Libur Lebaran, Jangan Lupa Cek CVT Skuter Matik

Pascaturing Libur Lebaran, Jangan Lupa Cek CVT Skuter Matik
Rabu, 13 Juli 2016 17:00
Ilham Pratama

Setelah menempuh perjalanan jauh saat libur lebaran kemarin, ada baiknya bagi Anda pengguna motor matik, terutama yang usianya sudah lebih dari satu tahun untuk mengecek komponen CVT. 

Pasalnya, tak jarang komponen-komponen yang berfungsi sebagai penyalur tenaga mesin ke roda belakang ini minta diganti. 

"Seperti V-Belt atau roller, dua komponen CVT ini sifatnya fast moving. Sekitar 20.000 km pada V-Belt dan roller sudah harus diganti,” buka Agus dari Yamaha Bahana Motor di Ciracas, Jakarta Timur.

Meski begitu, tak jarang usia pakai komponen tersebut juga bisa lebih singkat. Terutama karena penggunaan di medan dengan tanjakan terjal, maupun seringnya membawa beban berat.

Sehingga, ada baiknya peranti CVT dicek setiap 10.000 km. Tujuannya, untuk mengecek kelayakan V-Belt dan roller. Serta untuk melakukan pergantian grease di bagian bearing. 

Sebab, tak jarang meski belum mencapai 20.000 km, belt sudah getas, atau roller mulai peyang. Ini harus diganti. Bahkan jika belt sampai putus, maka motor tak bisa bergerak alias mogok. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.