Punya Honda CBR250RR? Jangan Asal Cuci Steam

Punya Honda CBR250RR? Jangan Asal Cuci Steam
Sabtu, 10 Desember 2016 13:10
Ilham Pratama

Meskipun dibekali dengan sederet fitur unggulan yang tak ada pada pesaingnya, motor sport fairing Honda CBR250RR perlu perhatian khusus dalam hal perawatan.

Salah satu pantangannya adalah mencuci steam, terutama pada bagian selongsong gas. Pasalnya, di panel tersebut terdapat Accelerator Position Sensor (APS) sebagai penunjang Throttle by Wire (TBW) full elektronik yang menggantikan kabel gas.

"Karena memakai sistem Throttle by Wire, CBR250RR ini tidak boleh dicuci dengan air bertekanan tinggi atau cuci steam. Dikhawatirkan nantinya air bisa masuk dan merusak sensor yang ada," buka Yudi Heriyadi, Manager Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM).

Menurutnya, CBR250RR sudah menggunakan sistem TBW sebagai pengganti kabel gas konvensional. Sistem tersebut mengandalkan APS yang tertanam di selongsong gas untuk mengirimkan sinyal kepada ECU yang kemudian memerintahkan jumlah asupan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar.

“Karena itu, perawatan sistem elektroniknya tidak boleh dilakukan sembarangan. Salah satunya dengan menghindari pencucian dengan steam tersebut,” pungkas Yudi.

Nah...kalau Anda sudah meminang CBR250RR, hati-hati merawatnya, ya! (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.