Ini Penyebab Motor Karburator yang Ditinggal Seminggu Jadi Susah Nyala

Ini Penyebab Motor Karburator yang Ditinggal Seminggu Jadi Susah Nyala

Sistem pembakaran karburator memang sebuah teknologi yang sudah lama. Motor karburator terkadang terasa sulit dinyalakan ketika sudah ditinggal selama beberapa hari. Tentunya hal ini mengurangi kenyamanan dalam berkendara, apalagi ketika sedang dikejar waktu.

Dodo selaku pemilik bengkel AMS Motor di Ciledug mengatakan motor yang masih sehat akan langsung menyala walaupun telah ditinggal berhari-hari. Motor sehat yang dimaksudnya biasanya memiliki klep yang masih bersih dan karburator yang normal.

   Baca Juga: Tidak Perlu ke Bengkel, Ini Cara Mudah Atasi Brebet pada Karburator Motor

"Kalau dia engga nyala, mungkin klepnya sudah mulai bocor. Seal klep sudah mulai bocor jadi kerak di bagian atas piston dan bagian kanan kiri klep," ujar Dodo saat ditemui OtoRider beberapa hari yang lalu.

Bengkel servis Mesin

 

Selain kotoran pada bagian jeroan motor, Dodo juga menjelaskan kemungkinannya rongga pembakaran sudah mulai basah. Basah yang dimaksud adalah terdapat bensin yang masuk dari karburator.

"Basah dari mana? Ada bensin yang masuk dari karburator, karena karburator jarang dibersihin. Jadi pelampungnya engga mau ketutup, sehingga sisa pembakarannya masuk ke atas piston. Biasanya efeknya pas dinyalain motor brebet," ungkapnya.

   Baca Juga: Ingin Meningkatkan Performa Tapi Motor Belum Injeksi? Bisa Coba Karburator Ini

Untuk mengatasi masalah ini, Dodo berpendapat pemilik motor harus rutin merawat motornya. Perawatan pun harus diperhatikan, baik servis ringan maupun servis besar. Karena umur sepeda motor yang semakin bertambah, tentunya harus mendapatkan perhatian ekstra dibandingkan motor yang masih baru.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id