Pakai Basis yang Sama, Bengkel Umum Sebut 'Gredek' PCX hadir di ADV150

Pakai Basis yang Sama, Bengkel Umum Sebut 'Gredek' PCX hadir di ADV150

Honda ADV150 memang diberitakan menggunakan basis yang sama dengan Honda PCX. Kesamaan tersebut terdapat dari mulai mesin, transmisi, hingga rangka. Akan tetapi, Honda PCX dikenal memiliki kendala di bagian CVT-nya alias biasa disebut 'Gredek'. Lantas apakah ADV150 memiliki masalah yang sama?

Rahmat Nya Musliah atau sering dipanggil Yoyo dari bengkel Kedai Riders mengatakan Honda PCX, Vario 150 terbaru, dan ADV150 memiliki sejumlah part yang sama. Dirinya pun berani menyebutkan kesamaan tersebut setelah mendapatkan unit ADV150 yang kemudian langsung dibongkar. Menurutnya perbedaan dari ketiganya hanyalah di part number saja.

   Baca Juga: Berikut Part-Part yang Membuat CVT Honda PCX Bermasalah 'Gredek'

"ADV150, Vario 150 baru, dan PCX sama semua mesinnya. Perbedannya hanya di part number doang. Semua sama, karena sudah kami bongkar ADV150 saya yang baru sampai. Kami bongkar mesinnya itu dari kruk as, CVT, blok silinder, sampai head-nya sama. Jadi mereka bisa subtitusi tuh antara Vario 150, PCX, dan ADV150," pungkas Yoyo saat ditemui OtoRider, Rabu (3/10).

Upgrade CVT Honda PCX dan ADV150

Saat dikonfirmasi mengenai penyakit CVT pada Honda PCX, Yoyo menyebutkan Honda ADV150 juga mengalami hal tersebut. Untuk memperbaikinya pun menggunakan cara yang sama, yakni upgrade CVT. Bahkan untuk harga upgrade CVT yang ditawarkan bengkel Kedai Riders pun sama antara Honda PCX dan Honda ADV150.

"Sama semua, karena kami sudah bongkar. (Penyakitnya) sama, benerinnya juga sama," lanjut Yoyo.

Bengkel milik Yoyo yang memang fokus pada motor skutik premium itu pun menghadirkan sejumlah paket upgrade CVT Honda PCX. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1,2 juta.

Upgrade CVT Honda PCX dan ADV150

Dari masing-masing harga paket upgrade CVT pun terdapat perubahan yang berbeda pula. Pengerjaan paket Rp 500 ribu antara lain bubut rumah roller, bubut kipas pulley, bubut mangkok, ganti roller racing, dan ganti per CVT racing. Pada paket Rp 950 ribu pengerjaan ditambah dengan penggantian kampas ganda. Sedangkan pada paket Rp 1,2 juta pengerjaan yang dilakukan selain ganti kampas ganda, Yoyo juga mengganti SlidePiece Dokter Pulley.

   Baca Juga: Upgrade CVT Honda PCX Bisa Hilangkan Kendala 'Gredek'

"Yang paket 1,2 juta itu ada penggantian kampas ganda dan slide piece dokter pulley. Jadi di rempetnya pulley itu ada plastik slider dan itu kita ganti pakai dokter pulley. Karena kadang penyakitnya itu bunyi klotok-klotok. Jadi seolah-olah seperti tensionernya rusak, padahal dari CVT slidenya," ujar Yoyo.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id