Perhatikan Riding Gear Ketika Berkendara Saat Hujan

Perhatikan Riding Gear Ketika Berkendara Saat Hujan

Riding gear atau apparel berkendara menjadi peranti penting dalam menunjang keselamatan. Celakanya, masih mudah ditemui pengendara di Indonesia yang kurang memperhatikan perihal yang satu ini. Bahkan pengendara menganggap sepele mengenai penggunaan riding gear saat hujan.

Jusri Pulubuhu selaku Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant mengatakan terdapat beberapa riding gear yang perlu dipersiapkan saat hujan. Tentunya yang harus dipersiapkan adalah jas hujan agar melindungi pengendara dari kebasahan. Tetapi ternyata tidak sampai disitu, terdapat sejumlah apparel lain yang harus dipenuhi demi keselamatan.

"Jadi sebenarnya kalau bicara riding gear pada musim hujan itu mulai dari kepala, adalah helm. Helm yang paling ideal adalah helm full face dengan windshield. Windshield harus dibersihkan dari noda-noda terutama jamur. Jamur ada akibat residu kotoran dan polusi, sehingga harus dibersihkan dan jika ada goresan harus diganti. Karena akan mengganggu visibilitas," ujar Jusri saat dihubungi OtoRider, Rabu (13/11).

Jakarta Helmet Gallery

 

Karena menggunakan jas hujan, jangan anggap sepele apparel jaket dan celana. Jusri mengatakan kedua apparel tersebut harus tetap digunakan agar melindungi pengendara. Terutama melindungi pengendara jika terjatuh dan terkena aspal.

   Baca Juga: Tips Riding Saat Hujan Ala Marc Marquez. Begini Katanya!

"Dalam jas hujan jangan berpolos ria, artinya di dalamnya jangan hanya pakai kaos. Minimum harus menggunakan jaket berbahan denim, karena denim akan mengurangi abrasi kulit ketika jatuh tergesek aspal," ujarnya.

Jaket Dainese

 

"Celana juga harus berbahan denim, jangan pakai celana pendek atau celana berbahan biasa. Karena plastik pada jas hujan itu kan tipis," lanjutnya.

   Baca Juga: Hal-hal ini Memaksa Kita Tak Bisa Ngebut

Apparel berikutnya yang perlu diperhatikan adalah sarung tangan. Jusri mengatakan banyak salah kaprah pada pengendara yang melepas sarung tangan ketika hujan agar tidak basah. Menurutnya sarung tangan diperlukan bukan soal kenyamanan tetapi soal keamanan. Sehingga sarung tangan tetap harus digunakan ketika berkendara melintasi hujan.

Riding gear terakhir yang harus digunakan saat hujan adalah sepatu. Sepatu yang menutupi mata kaki alias boots, tetap harus digunakan ketika berkendara melintasi hujan. Pengguna sepeda motor dapat mensiasatinya dengan kondom sepatu jika tidak memiliki sepatu boots agar kaki tidak basah.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id