4 Hal yang Membuat Fitur Idling Stop System Tidak Bekerja, Apa Saja?

4 Hal yang Membuat Fitur Idling Stop System Tidak Bekerja, Apa Saja?
Sabtu, 10 Oktober 2020 09:00
Thio Pahlevi

Fitur Idling Stop System (ISS) memiliki fungsi sebagai penghemat bahan bakar pada motor-motor bermesin injeksi. Fitur ini sendiri kini telah tersedia pada motor keluaran terbaru, khususnya di jajaran skutik Honda.

Nantinya, fitur ISS bekerja dengan mematikan mesin secara otomatis setelah berhenti selama lebih dari 3 detik. Untuk menyalakannya kembali, pengendara cukup memutar tuas gas tanpa perlu menekan tombol starter lagi.

   Baca Juga: Isi Angin Ban Motor, Sebaiknya Pakai Udara Biasa atau Nitrogen?

Namun, ternyata terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan fitur ini tidak bekerja. Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Honda Bintang Motor, Cinere, Depok pun memberikan penjelasannya.

All New Honda BeAT Series 2020 GRIP GAS setang

"Fitur ini tidak bekerja karena disebabkan kondisi tegangan aki kurang dari 12,4V, langsam terlalu kecil, sensor TP (Throttle Position) rusak, serta menyalakan motor menggunakan kick starter," ujar Ribut pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Harga Terbaru Motor Bebek Semua Merek (Oktober 2020)

Ribut menambahkan, fitur ini akan bekerja ketika suhu mesin mencapai 60°C. Selain itu, kecepatan motor lebih dari 10 km/jam dan kondisi stasioner putaran mesin berada pada kisaran 1.600 rpm.

"Penggunaan kick starter bisa membuat ISS enggak bekerja karena sensor mendeteksi masalah saat pakai kick stater," ucap Ribut.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.