4 Hal yang Membuat Fitur Idling Stop System Tidak Bekerja, Apa Saja?

4 Hal yang Membuat Fitur Idling Stop System Tidak Bekerja, Apa Saja?

Fitur Idling Stop System (ISS) memiliki fungsi sebagai penghemat bahan bakar pada motor-motor bermesin injeksi. Fitur ini sendiri kini telah tersedia pada motor keluaran terbaru, khususnya di jajaran skutik Honda.

Nantinya, fitur ISS bekerja dengan mematikan mesin secara otomatis setelah berhenti selama lebih dari 3 detik. Untuk menyalakannya kembali, pengendara cukup memutar tuas gas tanpa perlu menekan tombol starter lagi.

   Baca Juga: Isi Angin Ban Motor, Sebaiknya Pakai Udara Biasa atau Nitrogen?

Namun, ternyata terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan fitur ini tidak bekerja. Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Honda Bintang Motor, Cinere, Depok pun memberikan penjelasannya.

All New Honda BeAT Series 2020 GRIP GAS setang

"Fitur ini tidak bekerja karena disebabkan kondisi tegangan aki kurang dari 12,4V, langsam terlalu kecil, sensor TP (Throttle Position) rusak, serta menyalakan motor menggunakan kick starter," ujar Ribut pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Harga Terbaru Motor Bebek Semua Merek (Oktober 2020)

Ribut menambahkan, fitur ini akan bekerja ketika suhu mesin mencapai 60°C. Selain itu, kecepatan motor lebih dari 10 km/jam dan kondisi stasioner putaran mesin berada pada kisaran 1.600 rpm.

"Penggunaan kick starter bisa membuat ISS enggak bekerja karena sensor mendeteksi masalah saat pakai kick stater," ucap Ribut.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id