Apa yang Terjadi Jika Sengaja Memasukan Benda Aneh Kedalam Knalpot?

Apa yang Terjadi Jika Sengaja Memasukan Benda Aneh Kedalam Knalpot?
Selasa, 21 April 2020 11:00
Brian

Knalpot merupakan sistem pembuangan sisa-sisa pembakaran pada sepeda motor. Sistem pembuangan knalpot adalah berupa pipa panjang dari mesin hingga ke belakang motor yang dilengkapi dengan silincer. Oleh karenanya, knalpot memiliki sifat panas, terutama ketika motor sedang dinyalakan.

Lantas bagaimana jika knalpot dimasukkan atau kemasukkan benda-benda aneh? Mengingat bagian belakang knalpot memiliki lubang yang dapat dengan sengaja ataupun tidak kemasukan benda lain. Seperti video yang viral beberapa waktu lalu yang menunjukkan seseorang memasak popcorn di knalpot.

   Baca Juga: Modifikasi Kawasaki Z125 Jadi Mirip Ninja H2

Ribut Wahyudi selaku Servis Advisor Honda Bintang Motor Cinere mengatakan, jika knalpot dimasukkan benda-benda aneh seperti batu ataupun popcorn tidak akan merusak mesin. Namun jika hal ini terjadi tentunya dapat mengganggu saluran pembuangan. Dririnya menyebutkan hal ini akan sedikit menghambat laju pembuangan bahan bakar di sepeda motor.

Popcorn Knalpot

 

"Cuma disini kita melihat fungsi knalpot sendiri sebagai saluran pembuangan sisa bahan bakar. Yang berarti jika kemasukan sesuatu, saluran tersebut secara otomatis akan sedikit menghambat. Ingat ya cuma sedikit, artinya engga ada pengaruh yang signifikan," ujar Wahyudi saat dihubungi OtoRider, Senin (20/4).

   Baca Juga: Berikut Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Ganti Oli

Menurut Wahyudi meskipun hanya sedikit menggangu, lebih baik pemilik sepeda motor jangan jahil untuk memasukki benda lain ke dalam knalpot. Selain menghambat saluran pembuangan, untuk mengeluarkan benda tersebut pun cukup sulit. Pasalnya tidak cukup hanya digeber secara kencang saja, tetapi harus dibuka bagian knalpotnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.