Benarkah Bahan Bakar Bisa Pengaruhi Usia Pakai Oli?

Benarkah Bahan Bakar Bisa Pengaruhi Usia Pakai Oli?

Penggunaan bahan bakar berkualitas dan sesuai rekomendasi pabrikan tentunya akan membuat performa motor tetap terjaga. Akan tetapi, ternyata pemakaian bahan bakar memiliki pengaruh terhadap usia pakai oli mesin.

Nah, mengapa bahan bakar bisa memengaruhi oli mesin? Rialdy Fasha selaku Training and Technical Engineer Motul Indonesia pun memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Daftar Harga Motor Sport Honda 150 cc (Februari 2020)

"Penyebab oli mesin cepat diganti itu karena pengaruh penggunaan bahan bakar. Kalau suhu enggak berpengaruh signifikan juga. Tapi yang sangat pengaruh adalah bahan bakar," jelas Rialdy saat ditemui OtoRider di Sentul, Bogor beberapa waktu lalu.

Servis Honda

 

Rialdy menambahkan, kadar oktan bahan bakar akan menentukan cepat atau lamanya usia pakai oli mesin. Semakin bagus kualitas bahan bakar, maka oli mesin bisa lebih lama masa pakainya.

   Baca Juga: Bingung Mengetahui Oli Mesin Bagus Seperti Apa? Begini Caranya

"Bahan bakar semakin rendah kualitas atau oktannya, semakin cepat penggantian olinya. Jadi kami sarankan bahan bakar yang lebih bagus. Karena kan dia kadar sulfurnya lebih rendah dibandingkan oktan yang lebih rendah. Semakin tinggi oktannya, sulfurnya semakin kecil," jelas Rialdy.

Lebih lanjut, dari adanya kadar sulfur tersebut, maka akan timbul asam. "Asam itu makanya kenapa di oli selalu ada namanya TBN (Total Base Number). Itu mengurangi kadar asam. Ketika asamnya lebih tinggi, oli semakin cepat diganti. Makanya kami sarankan pakai bahan bakar dengan oktan minimal 92," ungkapnya.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id