Benarkah ECU Racing Bisa Tingkatkan Tenaga Motor Standard?

Benarkah ECU Racing Bisa Tingkatkan Tenaga Motor Standard?
Jumat, 10 Januari 2020 15:00
Thio Pahlevi

Pemilik motor tentunya ada yang sudah puas dengan spesifikasi standard bawaan pabrikan. Namun, ada juga yang masih ingin menaikan tenaga motornya agar lebih besar dan kencang lagi.

Umumnya, usaha untuk menaikan tenaga bisa dengan mengganti beberapa komponen, seperti knalpot, busi, hingga filter udara racing. Selain itu, pada motor bermesin injeksi, bisa juga mengganti otak dari motor tersebut, yakni ECU (Electronic Control Unit) agar performa motor lebih meningkat.

   Baca Juga: Valentino Rossi Rela Gabung Tim Satelit Demi Fabio Quartararo?

Nah, apakah motor dalam keadaan standard bisa mengalami kenaikan tenaga jika hanya mengganti ECU saja? Alvi Setiawan selaku Marketing and Retail Ultra Speed Racing memberikan penjelasannya.

ECU Racing Ultra Speed Racing aRacer Mini 5 dan Super 2

"Tetap bisa. Kalau cuma ganti ECU saja itu juga bisa menaikan tenaga. Jadi dengan ganti ECU saja dan motor dalam keadaan standard, kenaikan tenaga sebesar setengah sampai 1 dk itu sudah pasti keliatan," jelas Alvi saat ditemui OtoRider di kawasan Gading Serpong, Tangerang (8/1).

   Baca Juga: Tips Kampas Ganda Biar Tak Cepat Gosong

Alvi menambahkan, pemasangan ECU racing di motor standard memerlukan sedikit ubahan. "Kalau standard itu kan enggak ada lubang AFR (Air Fuel Ratio), itu biasanya dibikin dulu lubangnya, jadi lebih akurat," ucapnya.

Saat ini, Ultra Speed Racing menyediakan dua jenis ECU, yakni aRacer RC Mini 5 dan aRacer RC Super 2. Harganya berkisar mulai dari Rp 2,9 jutaan untuk Mini 5 dan Rp 6 jutaan untuk Super 2.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.