Berikut Cara Mencuci Batok Helm Agar Bebas Kotoran

Berikut Cara Mencuci Batok Helm Agar Bebas Kotoran
Sabtu, 18 April 2020 11:00
Brian

Helm menjadi peranti keselamatan bagian kepala pengendara sepeda motor. Karena berfungsi sebagai peranti keselamatan, tentunya perangkat tersebut harus nyaman digunakan. Agar nyaman digunakan, helm harus dalam kondisi bersih dan tidak bau.

Helm sendiri memiliki beberapa bagian yang cukup penting dan harus dibersihkan. Salah satunya adalah bagian batok yang memiliki lubang ventilasi. Mexvico dari Komunitas Belajar Helm pun memberikan cara untuk membersihkan batok helm dari kotoran.

   Baca Juga: 4 Hal Ampuh Perpanjang Usia Rantai Motor Selagi Di rumah

"Kalau mencuci batok, basahi oleh air mengalir dan setiap lubangnya dikucurkan air. Diteteskan sabun bayi di lubang ventilasi buat membersihkan. Kenapa sabun bayi? Karena takutnya kalau pakai sabun lain bagian styrofoam-nya bisa rusak," ujar Mexvico saat dihubungi OtoRider beberapa waktu lala.

Karet Helm

 

Dirinya pun mengurutkan cara pengerjaan pencucian batok helm dan ventilasi-ventilasinya. Pertama celupkan batok helm ke dalam air bersih, namun jangan terlalu lama. Lalu kucurkan air mengalur di lubang ventilasi sekaligus diberikan sampo bayi di setiap lubangnya. Terakhir sodok lubang ventilasi menggunakan busa halus atau sponge yang telah dibentuk.

   Baca Juga: Mumpung di Rumah, Berikut Tips Mencuci Busa Helm

"Karena lubang-lubang ventilasi itu kan kita engga tahu, kadang ada kotoran atau apa. Nanti kalau kotorannya sudah keluar semua, baunya pun dari debu-debu begitu juga akan hilang. Nah jemurnya jangan kena matahari langsung, tetapi diangin-anginkan saja," tutupnya.

Sebagai tambahan informasi, mengeringkan batok helm memang tidak dianjurkan di bawah matahari langsung. Karena pada bagian batok, terdapat beberapa karet yang mengelilingi bagian helm. Dikhawatirkan jika dijemur di bawah sinar matahari langsung, akan mengakibatkan karet tersebut terlepas dari batoknya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.