Mumpung di Rumah, Berikut Tips Mencuci Busa Helm

Mumpung di Rumah, Berikut Tips Mencuci Busa Helm
Rabu, 15 April 2020 15:00
Brian

Helm merupakan perangkat berkendara paling penting yang harus digunakan para pengguna sepeda motor. Fungsinya adalah agar melindungi kepala dari benturan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tetapi helm bukan hanya soal faktor keamanan, melainkan juga harus nyaman untuk digunakan.

Oleh karena itu, helm harus rajin dirawat oleh pemiliknya. Perawatan helm pun tidak harus menggunakan jasa cuci helm. Melainkan dapat dilakukan di rumah dengan bahan-bahan seadanya.

   Baca Juga: Tips Rawat Riding Gear Selama Jalani Work From Home

"Perawatan ini balik lagi ke spesifikasi helm yang mereka punya, kalau helm yang brand itu kan biasanya mereka bisa melepas busa. Mumpung lagi di rumah saja, engga kemana-mana, bisa dicuci sendiri. Sebenarnya cara mencucinya banyak di Youtube untuk beberapa helm branded seperti Arai, Shoei, dan lain-lain," ujar Mexvico salah satu anggota Komunitas Belajar Helm saat dihubungi OtoRIder, Selasa (14/4).

Busa Helm

 

Dirinya menjelaskan untuk mencuci busa, pertama-tama harus dicopot dari helm itu sendiri. Kemudian busa direndam pada air dengan bahan sabun yang bersifat halus. Menurutnya jika menggunakan bahan detergen yang keras dapat merusak busa helm itu sendiri.

   Baca Juga: 4 Cara Menjaga dan Merawat Cat Motor Agar Tetap Kinclong

"Biasanya pakai sabun bayi atau shampo bayi, tapi bukan direndam dicemplungin semua ke air. Modelnya itu seperti dibasahkan lalu dikucek atau usap usap bagiannya yang kotor dengan tangan sendiri. Jadi jangan disikat, tetapi diusap-usap saja jadi engga mudah rusak," pungkasnya.

Dirinya juga merekomendasikan detergen yang tidak terlalu kuat, biasanya dijual dilengkapi dengan softener. Menurut Mexvico terdapat satu merek helm yang kuat akan bahan tersebut, yakni Arai. Sedangkan untuk merek helm lain, dirinya belum merekomendasikan untuk dicuci menggunakan detergen.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.