Biarkan Kerikil Terselip di Ban, Apa Dampaknya?

Biarkan Kerikil Terselip di Ban, Apa Dampaknya?
Minggu, 19 April 2020 13:00
Thio Pahlevi

Kondisi jalan yang tak sepenuhnya rata seringkali menyebabkan kerikil terselip di bagian ulir atau kembangan ban. Sekilas, tak ada yang perlu dikhawatirkan dari keadaan tersebut.

Namun, tahukah Anda bahwa terdapat masalah yang mengintai jika kerikil dibiarkan begitu saja menempel pada ban? Ternyata kerikil tersebut dapat berpotensi menyebabkan kecelakaan.

   Baca Juga: SYM Maxsym TL500 Model 2020 Meluncur di Malaysia, Penggerak Belt Berganti Rantai

Hal ini pun dijelaskan langsung oleh Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok. Menurutnya, kerikil dapat menyebabkan kerusakan pada ban jika dibiarkan. Sehingga, ban harus secara rutin dibersihkan.

Ban motor

 

"Bila ada kerikil yang nyelip di ulir ban, apalagi berbentuk tajam atau lancip, bisa mengakibatkan kebocoran tekanan ban meskipun hanya lubang kecil," ujar Ribut pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: 3 Solusi Membeli Motor Matic 125 cc Bekas

Ribut menambahkan, kerikil juga bisa menyebabkan performa ban menjadi menurun. Oleh sebab itu, ia menghimbau pemilik motor agar selalu memeriksa kondisi ban sebelum melakukan perjalanan.

"Dampaknya juga bisa membuat daya cengkram ban berkurang karena terhalang kerikil tersebut. Sehingga akan berakibat pengendara berisiko terjatuh," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.