Biarkan Kerikil Terselip di Ban, Apa Dampaknya?

Biarkan Kerikil Terselip di Ban, Apa Dampaknya?

Kondisi jalan yang tak sepenuhnya rata seringkali menyebabkan kerikil terselip di bagian ulir atau kembangan ban. Sekilas, tak ada yang perlu dikhawatirkan dari keadaan tersebut.

Namun, tahukah Anda bahwa terdapat masalah yang mengintai jika kerikil dibiarkan begitu saja menempel pada ban? Ternyata kerikil tersebut dapat berpotensi menyebabkan kecelakaan.

   Baca Juga: SYM Maxsym TL500 Model 2020 Meluncur di Malaysia, Penggerak Belt Berganti Rantai

Hal ini pun dijelaskan langsung oleh Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok. Menurutnya, kerikil dapat menyebabkan kerusakan pada ban jika dibiarkan. Sehingga, ban harus secara rutin dibersihkan.

Ban motor

 

"Bila ada kerikil yang nyelip di ulir ban, apalagi berbentuk tajam atau lancip, bisa mengakibatkan kebocoran tekanan ban meskipun hanya lubang kecil," ujar Ribut pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: 3 Solusi Membeli Motor Matic 125 cc Bekas

Ribut menambahkan, kerikil juga bisa menyebabkan performa ban menjadi menurun. Oleh sebab itu, ia menghimbau pemilik motor agar selalu memeriksa kondisi ban sebelum melakukan perjalanan.

"Dampaknya juga bisa membuat daya cengkram ban berkurang karena terhalang kerikil tersebut. Sehingga akan berakibat pengendara berisiko terjatuh," jelasnya.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id