Keunggulan Rangka dan Mesin Pada NMax 2020 Dibandingkan Model Lama

Keunggulan Rangka dan Mesin Pada NMax 2020 Dibandingkan Model Lama

Yamaha All New NMax 2020 resmi diperkenalkan pada publik Indonesia beberapa bulan lalu. Skutik bongsor yang satu ini mendapatkan perubahan hampir di seluruh bagian motornya. Ubahan paling mendasar yang berpengaruh terhadap performa terdapat pada bagian rangka dan mesin.

Ridwan Arifin selaku Staff Service Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan ubahan pada NMax model 2020 dan model lama. Dirinya menjelaskan, Mesin All New NMax mendapatkan pembaruan meskipun masih menggunakan Bluecore 155 dan VVA yang sama. 

"Di area klep ada perubahan yang besar yakni 20,5 mm dari sebelumnya hanya 19 mm. Area headnya juga berbeda engga pakai yang lama, jadi kalau dipindah dari NMax lama sudah engga bisa. Di area piston juga sudah pakai piston milik YZF R15 yang VVA. Bentuknya beda di bagian atas lebih flat adan rata," ujar Ridwan di Yamaha Flagship Dealer, Jakarta, Senin (3/2).

Rangka dan Mesin All New NMax 155 model 2020

 

Akibat perubahan di area piston dan silinder head tadi mengakibatkan kenaikan kompresi. Ridwan menuturkan kenaikan kompresi mencapai 11,6:1 dibandingkan sebelumnya hanya 10,5:1. Selain itu di area saringan udara juga lebih besar menjadi 4,3 liter dari yang sebelumnya hanya 3,7 liter.

   Baca Juga: Yamaha Masih Rahasiakan Harga All New NMax ABS/Connected

Lanjut ke bagian rangka, All New NMax ini juga mendapatkan ubahan di bagian frame yang disebutkan benar-benar baru. Ridwan menuturkan, rangka ini berubah dan berbeda dengan NMax versi lama. Dari presentasi yang ditunjukan Ridwan, ubahan paling banyak terdapat di bagian mainframe.

Rangka dan Mesin All New NMax 155 model 2020

 

"Di area merah ini (mainframe) ada beberapa titik yang diperkuat lagi, ada di depan tengah center dan belakang. Akibatnya manuver lebih stabil dan lincah saat menikung. Walaupun motornya besar, tetapi tidak terasa besar," pungkas Ridwan.

   Baca Juga: Engine Check All New NMax Menyala Karena Kebiasaan Pengendara

Beberapa ubahan itu membuat All New NMax ini memiliki tenaga yang lebih besar daripada generasi lama. Pada model 2020 ini memiliki tenaga sebesar 15,1 dk dari yang sebelumnya hanya 14,8 dk. Sedangkan torsinya justru lebih turun menjadi 13,9 Nm dari sebelumnya yang mencapai 14,4 Nm.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id