Cara Cek Kondisi Rantai Motor, Bisa Lakukan Sendiri Di Rumah

Cara Cek Kondisi Rantai Motor, Bisa Lakukan Sendiri Di Rumah

Pengecekan rutin pada rantai dan gir motor tentu akan menjaga performanya tetap optimal. Selain itu, pengecekan juga diperlukan untuk mengetahui batas usia pakai komponen tersebut.

Pemeriksaan ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah dan tak memerlukan waktu yang lama. Ditambah lagi, Anda juga tak perlu mengeluarkan biaya bengkel.

   Baca Juga: Inspirasi Modifikasi, Honda ADV150 Bergaya Batman

Nah, apa saja cara cepat untuk mengetahui kondisi rantai dan gir motor? Berikut OtoRider sajikan tipsnya bersumber dari Instagram resmi Suzuki Motor Indonesia, @suzukiindonesiamotor.

Pertama, lihatlah bagian rantai. Jika sudah berkarat, maka Anda harus segera membersihkannya menggunakan cairan pelumas khusus rantai.

Rantai

Selanjutnya, perhatikan tingkat kekencangan rantai. Jika rantai kendur, maka ini menjadi indikasi rantai harus segera diperbaiki dan dikencangkan. Mengencangkan rantai bisa juga dilakukan dengan memotong beberapa mata rantai, terutama saat usia rantai sudah cukup lama.

Akan tetapi, jika rantai sudah tidak bisa dikencangkan, maka Anda harus segera mengganti komponen tersebut. Kondisi rantai yang sudah tidak baik juga dapat dilihat ketika motor dikendarai dengan kecepatan rendah. Rantai kendur lalu mengencang bisa menjadi salah satu indikasinya.

   Baca Juga: Kembali Balapan, Jorge Lorenzo: Apapun Bisa Terjadi

Tak hanya rantai, komponen yang tidak kalah penting adalah gir. Gir yang sudah harus diganti dapat dilihat dari ujungnya yang sudah mulai lancip. Jika dibiarkan dalam waktu lama, rantai berpotensi slip dari gir ketika berputar.

Selain pengecekan dengan cara dilihat, kondisi rantai juga dapat dideteksi melalui suaranya. Rantai dan gir yang sudah harus diganti biasanya akan mengeluarkan suara kasar yang tidak biasa.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id