Cara Mudah Bersihkan Bagian Dalam Helm, Sudah Coba?

Cara Mudah Bersihkan Bagian Dalam Helm, Sudah Coba?

Helm menjadi salah satu peranti berkendara motor yang cukup penting. Menjaga kebersihan helm tentunya akan memberikan kenyamanan saat dipakai. Selain agar tetap bersih, perawatan ini juga untuk menjaga fungsi helm tetap optimal.

Hal ini pun turut dijelaskan oleh Johanes Lucky selaku Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM). "Dengan melakukan perawatan helm tentunya kualitas helm akan selalu terjaga sehingga memberikan kenyamanan ketika digunakan," katanya dalam keterangan resmi yang diterima OtoRider.

Perawatan yang dapat dilakukan sendiri di rumah salah satunya adalah membersihkan bagian dalam helm. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar helm tak mudah rusak. Nah, bagaimana caranya?

   Baca Juga: GALERI: BMW S1000XR, Sport Touring Bertenaga Liar

Pertama, saat membersihkan lapisan tengah helm, cukup dilap menggunakan kain microfiber kering serta hindari menyiramnya dengan air. Jika terkena air, dikhawatirkan dapat menurunkan kualitas daya redam styrofoam-nya. 

Selain itu, juga berisiko mengurangi kekuatan perekat styrofoam pada helm. Bahkan, juga dapat menimbulkan jamur apabila proses pengeringan tidak dilakukan secara maksimal.

Busa Helm

Selanjutnya, ketika membersihkan bagian lapisan dalam helm yang dapat dilepas, cukup rendam dan cuci dengan lembut menggunakan tangan. Hindari penggunaan sikat karena bisa merusak kain pelapisnya.

Usai dicuci, bilas hingga bersih dan keringkan dengan cara dijemur. Jangan gunakan pemanas karena panas berlebih dapat merusak kualitas busa helm.

   Baca Juga: 3 Solusi Rawat Motor Matic di Rumah Karena Pandemi Covid-19

Terakhir, untuk bagian dalam helm yang bersifat permanen bersihkan memakai air hangat dan shampo khusus. Cukup menggunakan jari tangan untuk menggosok lapisan dalam helm.

Setelah itu, bilas untuk menghilangkan sisa sabun yang masih menempel. Tekan busa helm perlahan untuk menghilangkan sisa air dan lakukan pengeringan.

Lucky menghimbau, sebaiknya bersihkan helm minimal satu bulan sekali. Namun, jika dipakai setiap hari pembersihannya dapat dilakukan setiap minggu atau segera apabila terkena hujan agar helm tetap bersih dan nyaman dipakai.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id