Cara Mudah Bersihkan Tangki Bensin Dari Karat

Cara Mudah Bersihkan Tangki Bensin Dari Karat

Motor yang telah lama digunakan pastinya akan mengalami penurunan daya tahan, salah satunya adalah tangki bensin yang karatan. Hal ini bisa terjadi karena pemilik jarang mengisi tangki bahan bakar secara full. Sehingga menyisakan ruang udara di bagian atas tangki yang membuatnya mudah mengalami korosi.

Tentunya karat pada bagian tangki harus segera dibereskan secara cepat. Karena jika dibiarkan berkarat terlalu lama, bisa-bisa korosi melebar ke bagian tangki lainnya. Tentunya pemilik motor sangat menghindari hal tersebut, mengingat tangki merupakan bagian vital sepeda motor.

   Baca Juga: Kenali Perbedaan Kunci Pas dan Ring, Kapan Waktu Tepat Penggunaannya?

Karat pada tangki bisa dihilangkan dengan sejumlah cara, salah satunya dengan merontokkan karat yang menempel. Pemilik motor dapat membersihkan tangki dengan cara-cara mudah yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Peralatan yang dibutuhkan pun tidak sulit, hanya butuh rantai keteng bekas, bensin, dan kunci yang sesuai dengan baut tangki. 

Modifikasi Yamaha R25 Layz Tangki

 

"Kalau tangki karatan bersihinnya gampang, cuma butuh bensin sama rantai keteng bekas. Jadi rantai keteng sama bensinnya masukkin ke tangki yang mau dibersihin. Lalu dikocok-kocok, itu gunanya untuk merontokkan karat yang ada di dalam tangki," ujar Sutrisno selaku pemilik bengkel umum Jawa Motor kepada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Awas! Ini Dampaknya Jika Tekanan Angin Ban Motor Tidak Sesuai

Sutrisno yang juga pernah bekerja di bengkel resmi Honda menyebutkan setelah dibersihkan pemilik dapat memberikan perlindungan pada tangki. Dirinya menyebutkan, untuk menambahkan perlindungan cukup menggunakan resin. Dengan cairan resin, bagian dalam tangki akan menjadi lebih tebal.

"Kalau dirasa sudah cukup rontok karatnya, tinggal dikeluarkan saja bensin dan rantai ketengnya. Kalau mau dalam tangkinya dilapisin lagi, bisa pakai resin. Jadi dia mempertebal tangki dan tampilan di dalam jadi lebih bagus," lanjut Sutrisno.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id