Cegah Aki Soak, Cukup Lakukan Hal Ini Setiap Hari!

Cegah Aki Soak, Cukup Lakukan Hal Ini Setiap Hari!

Sistem kelistrikan, khususnya aki, menjadi salah satu komponen yang cukup penting pada motor keluaran terbaru, terutama pada motor bermesin injeksi. Kondisi aki yang tidak optimal akan berisiko membuat motor sulit dinyalakan bahkan mogok. 

Ditambah lagi, beberapa motor terbaru saat ini bahkan tidak dilengkapi dengan kick starter. Sehingga, untuk menyalakan motor hanya bergantung pada electric starter.

   Baca Juga: Daftar Harga Motor Off-Road 150 cc (Mei 2020)

Agar kondisi aki tetap bekerja dengan baik, Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Tak hanya itu, waktu yang dibutuhkan pun terbilang cukup singkat, yakni kurang dari 5 menit.

Honda Vario Series

Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) pun memberikan kiat-kiatnya. Menurutnya, untuk menjaga performa aki, cukup panaskan mesin motor secara rutin setiap hari.

   Baca Juga: Berkenalan dengan Donat Helm, Apa Fungsinya?

"Dengan kondisi sekarang (adanya wabah Covid-19), para pemilik motor sebaiknya memanaskan motornya selama 3-4 menit untuk menjaga kualitas aki. Sehingga tetap memberikan suplai arus listrik ke komponen kelistrikan motor dan menyimpan energi listrik dengan baik," ujar Endro dalam keterangan resmi yang diterima OtoRider.

Cara ini pun ampuh untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada aki. Sehingga, Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk mengganti aki yang soak dengan aki baru.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id