Cegah Rusak, Berikut Tips Rawat Remot Keyless Motor Honda

Cegah Rusak, Berikut Tips Rawat Remot Keyless Motor Honda

Teknologi keyless atau tanpa kunci saat ini menjadi salah satu fitur unggulan yang ditawarkan oleh pabrikan motor. PT Astra Honda Motor (AHM) misalnya, melengkapi beberapa produknya dengan fitur yang diberi nama Smart Key System.

Agar tetap awet, penggunaan serta perawatan fitur keyless yang benar juga perlu diperhatikan. Nah, apa saja yang perlu dipahami? Berikut OtoRider sajikan beberapa tips-nya bersumber dari laman resmi AHM.

Hindari Tekanan Berlebih

Agar terhindar dari kerusakan, cukup menekan tombol remot Smart Key System sewajarnya. Tekanan yang berlebihan dapat mengakibatkan remot menjadi rusak.

   Baca Juga: Petronas Yamaha: Ini Kesempatan Kami Miliki Pembalap Terbaik

Jaga Tetap Kering

Ketika remot terkena air, segera keringkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Air yang masuk ke sela-sela remot berpotensi menyebabkan terjadinya kerusakan akibat hubungan arus pendek.

Hindari Meletakan Remot Dalam Bagasi

Disarankan untuk meletakan remot di sekitar Anda, seperti di saku atau dalam tas. Hal ini untuk mencegah potensi remot tertinggal dan disalahgunakan oleh orang lain.

All New Honda Vario 150

 

Hindari Radiasi Elektromagnet

Usahakan untuk menjauhkan remot dari benda-benda yang memiliki radiasi elektromagnet tinggi. Hal ini dikarenakan berpotensi mengganggu sinyal atau frekuensi remot smart key.

Simpan dan Rahasiakan ID Tag

ID Tag memiliki beberapa fungsi, seperti sebagai alat untuk menghidupkan motor saat kondisi darurat, registrasi tambahan saat hilang, dan registrasi immobilizer ID saat Smart Control Unit diganti. Sehingga, simpan ID Tag di tempat aman dan jangan memberitahukan kode ID Tag pada siapapun.

   Baca Juga: GALERI: Vespa S 125 i-get 2020, Kian Sporty dan Dinamis

Posisi Off

Pastikan saklar starter dalam posisi off ketika Anda tiba di tujuan. Ini diperlukan agar sinyal yang menghubungkan smart key dan motor terputus. Indikator smart key ada di posisi OFF adalah lampu berwarna merah pada remot akan menyala saat ditekan.

Beri Jarak Sekitar 2 Meter

Saat tak berkendara, beri jarak antara remot dan motor sejauh lebih dari dua meter atau matikan remot. Ini diperlukan untuk menghindari komunikasi sinyal radio pada remot dan motor yang dapat mengakibatkan baterai atau aki menjadi soak.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id