GSX-R1000 Berlapis Bodi Full Karbon, Lebih Ringan Puluhan Kilogram

GSX-R1000 Berlapis Bodi Full Karbon, Lebih Ringan Puluhan Kilogram

Sebuah tuner sepeda motor asal Swiss telah membangun Suzuki GSX-R1000 dengan serat full karbon. Motor tersebut merupakan hasil kerjasama seorang fotografer Swiss dan perusahaan No Limit Tuning. Dalam kerjasama ini juga melibatkan seorang pembalap asal Switzerland yakni Raptik.

Dilansir dari Visordown, fairing dan bodi original pada Suzuki GSX-R1000 tidak terpakai sedikitpun. Bodi-bodi tersebut digantigkan dengan serat karbon yang ditenun secara kasar. Pelek original juga digantikan dengan bahan yang lebih ringan serta kuat dari ThyssenKrupp.

   Baca Juga: Desas-Desus Italjet Dragster Segera Mengaspal di Indonesia

Hasilnya cukup menakjubkan, tentunya terdapat perubahan bobot yang sangat signifikan dengan modifikasi ini. Serat karbon pada bodi dan peleknya membuat GSX-R1000 memiliki bobot hanya 175 kg, artinya memangkas beban hingga 25 kg. Selain berpengaruh pada bobot, secara tampilan motor ini semakin terlihat garang di atas lintasan.

Suzuki GSX-R1000 Full Carbon

 

Sayangnya pada bagian mesin, GSX-R1000 ini tidak memiliki keseluruhan part karbon. Padahal pada tahun 2018 Suzuki Italia meluncurkan GSX-R1000R Ryuyo dengan mesin istimewa. Edisi terbatas itu menggunakan komponen balap berserat karbon dan Yoshimura yang menghasilkan bobot 168 kg dan tenaga 212 bhp.

   Baca Juga: Spekulasi 5 Motor Baru KTM Bermesin 500 cc Dua Silinder

Namun Raptik mengaku pekerjaan ini belum selesai karena belum mendapatkan beberapa part lainnya. Part yang belum didapatkan antara lain adalah sprocet ceracarbon, carbon inlet funnel, dan rantai 520. Disebutkan keseluruhan part yang belum didapatkan itu akan sangat berpengaruh terhadap keringanan mesin.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id