Honda Supra X 125 Modifikasi Menjadi 250 cc Dua Silinder

Honda Supra X 125 Modifikasi Menjadi 250 cc Dua Silinder

Honda Supra X 125 merupakan motor bebek berkapasitas 125 cc yang dipasarkan di Indonesia selama beberapa generasi. Supra X 125 memang cukup handal di kelas motor bebek. Akan tetapi dengan tangan yang cukup handal, motor ini dapat dimodifikasi menjadi 250 cc dengan kapasitas mesin dua silinder.

Modifikasi Honda Supra X dua silinder 250 cc ini adalah milik Hafidz Syaifulloh. Dirinya menyebutkan bagian dapur pacu motor bebek miliknya itu dikerjakan oleh Oji Motor Dua Silinder (OM2S). Agar dapat menciptakan dua silinder, maka bengkel tersebut menambahkan satu blok silinder dari motor lainnya.

"Jadi bengkelnya itu mencari lagi blok mesin dari Supra X lainnya biar bisa jadi dua silinder 250 cc. Secara pengerjaan memang saya cuma menaruh motor di bengkel OM2S dan terima jadi saja. Setelah menunggu tiga bulan, motor keluar bengkel sudah jadi dua silinder," ujar Hafidz kepada OtoRider, Jum'at (26/6).

Honda Supra X Dua Silinder

 

Dirinya menyebutkan perubahan pada mesin motornya cukup signifikan, karena bentuknya menjadi lebih lebar. Bagian silindernya pun di cor menjadi satu yang membuat motor tersebut memiliki konfigurasi dua silinder segaris. Beberapa komponen di dalam dapur pacunya juga dibuat menyesuaikan dengan dua piston tersebut.

   Baca Juga: Spesifikasi dan Fitur Melimpah Skutik Rp 13 Jutaan, Honda Grazia

"Jadi di bagian dalam mesinnya itu semuanya disesuaikan juga. Bagian kruk as digabung dari dua mesin dibikin jadi satu. Kemudian camshaft-nya juga digabungin dari dua cam, jadi lebih panjang gitu," ujar Syaifulloh.

Dirinya menyebutkan untuk melakukan modifikasi mesin di OM2S membutuhkan biaya mencapai Rp 20 juta diluar harga motor. Bengkel yang membuat mesin tersebut juga memberikan garansi mesin satu tahun pengerjaan.

Honda Supra X Dua Silinder

 

"Tetapi ini meskipun sudah dibuat dua silinder di bagian mesin, masih aman-aman saja digunakan. Sudah dipakai ke puncak juga masih aman tidak ada kendala. Tenaga juga jadi meningkat karena kedapatan mesin dua silinder 125 cc itu," pungkas Hafidz.

   Baca Juga: Resmi! Kawasaki Rilis Tanggal Peluncuran Ninja ZX-25R

Soal tampilannya Honda Supra X milik Hafidz ini masih standar-standar saja, perubahan hanya ada di bagian disc brake dan suspensi belakangnya. Sedangkan semua bodi-bodinya masih standar layaknya motor dari pabrikan. Hal ini tentunya membuat orang terkejut karena dengan bodi motor bebek, tetapi memiliki performa yang cukup tinggi dan suara dua silinder.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id