Indikasi Rantai dan Gir Harus Segera Diganti

Indikasi Rantai dan Gir Harus Segera Diganti

Kondisi rantai dan gir motor yang sudah tidak optimal tentu saja dapat membuat penyaluran tenaga menjadi kurang maksimal. Tak hanya itu, jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, rantai juga akan mudah putus.

Nah, bagaimana caranya mengetahui rantai dan gir motor sudah harus diganti? Berikut OtoRider sajikan tipsnya bersumber dari akun Instagram resmi Suzuki Indonesia, @suzukiindonesiamotor.

   Baca Juga: Kelas MotoGP Qatar Dibatalkan, Moto2 dan Moto3 Jadi Balap Malam Hari

"Lihatlah bagian rantai. Jika sedikit berkarat, maka itu tanda jika kamu harus membersihkannya. Setelah bersih, semprotkan rantai dengan pelumas khusus," tulis Suzuki Indonesia.

Selanjutnya, periksa juga tingkat kekencangan rantai tersebut. Ketidaksesuaian tegangan rantai akan berakibat pada tarikan motor itu sendiri. Saat rantai masih bisa disetel kekencangannya, ada baiknya untuk segera melakukannya.

New Yamaha MT-25

 

"Kondisi rantai juga dapat dilihat dari kekendurannya. Jika sedikit kendur, maka itu tanda lain rantai harus diperbaiki. Ini bisa juga dilakukan dengan mencopot beberapa mata rantai, terutama saat usia rantai sudah relatif lama," jelasnya.

Komponen lain yang juga harus diperhatikan adalah gir. Gir yang sudah habis masa pakainya, akan membuatnya menjadi lebih lancip. Jika tak segera diganti, maka rantai berpotensi slip dari gir saat berputar.

   Baca Juga: Terkuak! Kawasaki Akan Ciptakan Motor Roda Tiga

Terakhir, periksa juga suara yang dihasilkan oleh rantai. Rantai dan gir yang sudah rusak biasanya akan mengeluarkan suara kasar yang tidak biasa.

"Jika hal tersebut terjadi, maka rantai dan gir harus segera diganti," tulisnya.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id